Facebook Setuju Mengiklankan Legalisasi Ganja

by
August 14th, 2012 at 2:18 pm

Examiner

CiriCara.com– Seiring dengan berkembangnya situs jejaring sosial Facebook yang semakin pesat. Kini, Facebook bukan hanya digunakan untuk menjalin hubungan pertemanan saja, tapi juga dijadikan tempat untuk mengiklankan suatu produk.

Baru-baru ini, Facebook menyatakan setuju untuk melegalisasikan iklan ganja setelah berhadapan dengan Electronic Frontier Foundation dan ACLU Claifornia Utara. Menurut Linda Lyedari ACLU, Facebook yang dirancang sebagai fasilitas untuk berkomunikasi, tidak memiliki hak untuk memasuki dunia penyensoran, yang dinilai bertolak-belakang dengan prinsip berinovasi, berbagi, dan menghubungkan.

Setelah melewati perdebatan itu, Facebook akhirnya memutuskan untuk memberikan legalisasi iklan ganja tersebut.

Dulu, Facebook sempat menolak beberapa iklan yang diajukan oleh beberapa perusahaan karena iklan yang mereka berikan menggunakan gambar daun ganja. Juru bicara Facebook sempat memberi penjelasan bahwa daun ganja identik dengan semua produk rokok, dan hal itu tidak dapat diterima oleh peraturan Facebook itu sendiri.

Itulah sebabnya, pada 2011 lalu, Facebook juga menolak pengiklanan buku yang berjudul “Marijuana is Safer: So Why Are We Driving People to Drink?”. Facebook mengirimkan surat kepada penerbitnya dengan mengatakan kalau isi dari iklan yang mereka buat tentang buku tersebut mengandung hal-hal terlarang.

Pada 2010, Facebook juga pernah menghapus iklan yang dibuat oleh Just Say Now dan The Libertarian Party karena iklan mereka menggunakan gambar daun ganja di dalamnya.

Setelah aturan keras yang diterapkan oleh Facebook, akhirnya mereka melunak dan mulai mengizinkan untuk iklan-iklan yang mengandung gambar daun-daun ganja, maupun berisi tentang hal yang berkaitan dengan ganja. (yk)

Raw Story

Comment di sini