CiriCara: 3 Cara Mencegah Keputihan pada Wanita

by
August 14th, 2012 at 9:04 am

CiriCara.com – Bagi kaum wanita, masalah keputihan kerap kali datang tanpa diundang. Keadaan ini sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama karena dapat mengakibatkan penyakit kanker dan kemandulan.

Hasil penelitian tentang kesehatan reproduksi wanita menunjukkan 75% wanita di dunia pasti menderita keputihan paling tidak sekali seumur hidup dan 45% di antaranya bisa mengalami sebanyak dua kali atau lebih.

Dalam keadan normal, organ vagina memproduksi cairan berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna, dan jumlahnya tidak berlebihan. Cairan ini berfungsi sebagai sistem perlindungan alami, mengurangi gesekan di dinding vagina saat berjalan dan melakukan hubungan seksual.

Namun, keputihan yang berbahaya adalah keputihan yang tidak normal. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh kuman, bakteri, jamur, atau infeksi campuran. Selain itu, bisa disebabkan juga karena adanya rangsangan mekanis oleh alat-alat kontrasepsi sehingga menimbulkan cairan yang berlebihan.

Agar Anda terhindar dari keputihan tersebut, sebaiknya simak tips berikut ini

1. Jagalah kebersihan organ intim dengan baik

Anda harus mengganti pakaian dalam secara teratur, minimal 2 kali dalam sehari. Tujuannya agar tidak ada bakteri, jamur, atau virus yang dapat membahayakan vagina Anda.

2. Membasuh vagina dengan pembersih khusus kewanitaan

Membasuh vagina dengan antiseptik, tujuannya agar menghalangi masuknya bakteri dan kuman ke dalam vagina. Cara ini juga dapat dipakai bila Anda mengalami keputihan yang belum terlalu parah.

3. Harus rajin mengganti pembalut ketika sedang datang bulan

Bila Anda sedang datang bulan, rajin-rajinlah mengganti pembalut. Jangan menggunakan pembalut yang sama dari pagi hingga malam hari. Gantilah minimal 2 kali sehari karena pembalut yang kotor dapat memicu pertumbuhan bakteri yang dapat menginfeksi vagina.

Untuk Anda yang mengalami keputihan, dapat diobati juga dengan cara mengonsumsi ramuan tradisional yaitu minum air rebusan daun sirih sebanyak satu gelas, 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Selain itu, bila Anda merasa keputihan yang Anda alami tidak kunjung hilang, alangkah baiknya untuk berobat ke dokter spesialis kandungan. Tentunya sang dokter akan memberikan solusi yang terbaik buat Anda. Pastikan dokter tersebut mempunyai alat khusus yang dapat memeriksa kondisi Anda secara keseluruhan. (NR)

 

Comment di sini