Kenali Daging Segar dan Kadaluwarsa yang Beredar di Pasaran

by
August 14th, 2012 at 4:58 pm

CiriCara.com – Beberapa hari menjelang Lebaran, masih ada saja penjual daging nakal yang menjual daging kadaluwarsa. Di salah satu pusat perbelanjaan kota Bengkulu, Dinas Pertanian dan Peternakan menemukan daging kadaluwarsa itu.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perternakan Kota Bengkulu, Hauliantua Pohan mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap daging sapi, ayam, dan kerbau yang telah kadaluwarsa selama Ramadan serta menjelang Hari Raya Lebaran.

Masyarakat yang terbiasa mengonsumsi makanan berkarbohidrat itu harus mengetahui ciri-ciri daging segar yang dijual di pasaran agar tidak tertipu oleh para penjual. Berikut adalah ciri-ciri daging yang kadaluwarsa:

1. Warna daging kehitam-hitaman

2. Berbau busuk

3. Daging lembek ketika ditekan

Jangan pernah membeli daging  apabila warna daging sudah kehitam-hitaman seperti gambar di atas. Sudah jelas bahwa daging itu kadaluwarsa. Bila Anda mencium aroma daging yang tidak sedap berarti daging itu juga sudah kadaluwarsa. Selain itu, ketika ditekan, daging kadalauwarsa terasa sangat lembek.

Setelah mengetahui ciri-ciri daging yang kadaluwarsa, sebaiknya Anda juga mengetahui ciri-ciri daging yang masih baik untuk dikonsumsi. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki warna merah cerah atau terang

2. Secara fisik, daging elastis, sedikit kaku, dan tidak lembek

3. Terasa basah dan tidak lengket ketika dipegang

Daging yang masih bisa dikonsumsi seperti gambar daging di atas, yaitu warnanya masih merah cerah, dagingnya tidak lembek, dan aromanya masih terasa aroma daging segar. Daging ini sangat aman untuk di konsumsi.

Selain daging sapi, untuk Anda yang biasa mengonsumsi daging ayam dan kerbau juga harus tetap waspada. Penjual daging yang nakal tidak hanya pada penjual daging sapi, namun penjual daging ayam dan kerbaupun bisa curang. Untuk itu, kenali juga ciri-ciri kedua daging tersebut. Perlu diingat agar tidak membeli berbagai jenis daging yang warna dan aromanya berbeda dari biasanya.

Telitilah sebelum membeli daging di pasar. Bila Anda membelinya di pusat perbelanjaan, teliti juga tanggal kadaluwarsa daging tersebut. (NR)

Comment di sini