Lulus Uji Emisi, Mobil Esemka Akan Dikirab Keliling Solo

by
August 14th, 2012 at 2:01 pm

Solo (CiriCara.com) – Mobil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Surakarta, Esemka Rajawali, akhirnya lolos uji emisi yang dilakukan di Balai Thermodinamika Motor dan Propulis (BTMP) di Serpong, Tangerang. Untuk merayakannya, mobil Esemka akan dikirab keliling Kota Solo.

Rencananya, sembilan mobil Esemka Rajawali akan dikirab keliling Solo pada Kamis (16/8/2012) mendatang. Mobil akan berangkat dari Solo Technopark (STP) sekitar pukul 15.00 WIB. Jalur yang akan ditempuh adalah Jalan Kolonel Sutarti, terus Kota Barat, Slamet Riyadi, dan berakhir di halaman Balai Kota.

Demikian yang disampaikan oleh Direktur Pelayanan dan Pengembangan STP, Gampang Sarwono. Acara kirab tersebut digelar sebagai rasa syukur atas lolosnya mobil Esemka Rajawali di uji emisi.

“Ya dalam kirab ini memang tidak hanya memperkenalkan karya dari para pelajar SMK, tetapi juga dimaksudkan untuk promosi wisata,” ujar Sarwono. Ia berharap agar acara kirab mobil Esemka itu bisa menarik minat wisatawan untuk datang ke Kota Solo.

Sarwono mengatakan bahwa Wali Kota Surakarta, Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi oleh wakilnya, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) akan menyetir sendiri mobil Esemka. Mereka akan mulai menyetir dari STP sampai ke tujuan akhir di halaman Balai Kota.

Selain Jokowi, penguasa Keraton Kasunanan Surakarta, Pakoe Boewono (PB) XIII beserta Maha Patih KGPH Penembahan Agung Tedjowulan juga akan hadir di acara kirab Mobil Esemka Rajawali itu. Beberapa pejabat Kota Surakarta juga akan hadir dalam acara ini.

Berkaitan dengan rencana untuk memproduksi masal mobil Esemka Rajawali setelah lulus uji emisi, Sarwono membenarkannya. Namun, ia belum bisa menargetkan jumlah produksinya. “Pokoknya nanti kami akan memproduksi masal dengan kapasitas semampunya dulu,” ujarnya.

Sarwono berharap agar para pejabat mau menggunakan mobil Esemka Rajawali sebagai mobil dinas mereka. Tapi, ia mengaku menyerahkan semua keputusan kepada Wali Kota Surakarta, Jokowi. “Keputusannya semua berada di Pak Wali nanti,” ujar Sarwono seperti dikutip Republika.

Menurut Sarwono, menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinas merupakan wujud keperdulian pejabat kepada produk dalam negeri. “Kami bangga bisa memakai produksi anak-anak bangsa sendiri,” katanya. (YG)

Comment di sini