Segera Dibangun Kota Khusus Wanita di Arab Saudi

by
August 14th, 2012 at 3:20 pm

CiriCara.comArab Saudi ialah negara yang terkenal dengan nilai-nilai agama Islam yang sangat kental. Negara ini berencana untuk membangun sebuah kota yang dikhususkan untuk wanita.

Tujuan dibangunnya kota ini adalah untuk memberi kebebasan pada kaum hawa sehingga mereka dapat bekerja dan berkarier seperti para pria yang ada di negara tersebut.

Arab Saudi memang terkenal dengan aturan-aturan Islami yang sangat kuat, di mana wanita harus patuh pada pria, apalagi yang sudah menjadi suaminya.

Namun, Modon (Otoritas Industri Properti Arab Saudi) mencetuskan ide untuk membawa negaranya menjadi lebih terbuka pada dunia modern sekarang ini. Mereka berpendapat kalau kaum wanita juga dapat menunjukan keahliannya dalam bekerja. Dengan demikian, kaum wanita juga ikut berperan aktif dalam pembangunan negara.

Oleh karenanya, dibangunlah kota yang nantinya hanya boleh ditempati oleh para kaum wanita yang ada di negara tersebut. Rencananya, pembangunan kota tersebut ditujukan agar para wanita itu dapat bekerja dan berkarier tanpa menentang hukum Islam negara tersebut.

Sebenarnya, hukum Syariah Saudi tidak melarang wanita untuk bekerja, tapi pada kenyataannya hanya 15% wanita yang bekerja. Oleh sebab itu, ide untuk membuat kota ini bertujuan agar angka wanita yang bekerja semakin banyak lagi.

Kota khusus wanita yang akan dibangun pada tahun depan ini, akan diperlengkapi dengan 5.000 jenis lapangan pekerjaan, seperti di tekstil, industri pangan, dll.

Pergantian pegawai di beberapa lapangan pekerjaan juga sudah mulai dipraktikkan pada musim panas ini. Beberapa pekerja wanita sudah diperbolehkan bekerja sebagai staf pada toko-toko kosmetik menggantikan pegawai-pegawai pria yang bekerja di tempat tersebut sebelumnya.

Meskipun, tampaknya Arab Saudi sudah mulai memberi kelonggaran terhadap kaum wanitanya, hak kebebasan kaum wanita di negara ini tetap masih diatur oleh hukum Islam sehingga para kaum wanita di Arab Saudi tidak mungkin mendapatkan kebebasan seperti kaum hawa di negara barat.

Buktinya saja, wanita-wanita Arab Saudi masih dilarang untuk mengendarai mobil sendiri. Oleh karena itu, Arab Saudi menjadi satu-satunya negara yang tidak memperbolehkan wanita mengendarai mobil.

Selain itu, kebebasan kaum wanita Arab Saudi untuk ikut menyumbangkan suaranya dalam pemilu lokal, baru diberikan oleh Raja Abdullah pada September tahun lalu (2011).

Ditambah lagi, baru pada Olimpiade London 2012 kemarin, Arab Saudi mengirimkan atlet perempuan untuk bertanding. Meski hal ini sempat menjadi perdebatan antar pejabat pemerintahan, namun, tetap ada beberapa atlet wanita yang berlaga demi namanya sendiri karena pemerintahan Arab Saudi tidak mau memberi dukungan dan jaminan apa pun pada saat itu.

Semoga kota khusus wanita yang akan dibangun di Arab Saudi dapat memajukan hak wanita-wanita Arab. (yk)

Daily Mail

Comment di sini