CiriCara: Cara Agar Anak Nyaman di Perjalanan Mudik

by
August 15th, 2012 at 5:00 pm

CiriCara.com – Mudik biasanya menjadi perjalanan yang membosankan dan melelahkan. Apalagi jika harus terjebak macet dan kendala lainnya. Kondisi ini sering membuat anak jadi tidak nyaman dan akhirnya menangis dalam perjalanan. Tidak mau mengalaminya?

Bagi Anda yang akan mudik bersama anak, ada baiknya melakukan beberapa persiapan. Apalagi jika anak Anda masih bayi. Cobalah untuk membuat anak agar tetap nyaman selama perjalanan. Untuk itu ikuti cara agar anak merasa nyaman berikut ini:

1. Pilih kendaraan

Anda harus bisa memilih kendaraan mudik yang nyaman untuk anak Anda. Misalnya, agar tidak kepanasan, Anda bisa memilih kendaraan yang memiliki fasilitas AC. Perhatikan juga kondisi kendaraan seperti tempat duduk atau aromanya.

2. Pakaian ganti

Anak akan mudah terkena gatal dalam perjalanan jika bajunya sudah kotor. Itulah sebabnya Anda harus membawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga. Karena rasa gatal itu bisa membuat anak jadi merasa tidak nyaman selama perjalanan.

3. Lakukan permainan

Agar perjalanan tidak terasa membosankan, cobalah untuk mengajak anak Anda bermain. Jika tidak bisa, Anda bisa memberi anak buku komik, game, atau juga aktivitas menyenangkan lainnya. Jika sudah asik bermain, perjalanan mudik akan terasa singkat.

4. Siapkan makanan

Sebelum berangkat ada baiknya membawa makanan atau camilan untuk bekal. Ini untuk mencegah anak merasa lapar saat perjalanan. Selain itu, membawa bekal makanan dari rumah juga lebih aman daripada membeli di perjalanan.

5. Persiapkan obat

Kebanyakan anak-anak akan mengalami mabuk perjalanan saat menempuh jarak yang jauh. Sebelum hal itu terjadi, Anda harus sudah siap membawa bekal obat-obatan. Anda juga bisa meminta anak untuk minum obat sebelum berangkat.

6. Beristirahat teratur

Anak butuh istirahat cukup agar tetap bugar. Karenanya beristirahatlah secara berkala dan ajak anak keluar kendaraan untuk menghirup udara bebas. Kondisi ini akan membantu anak kembali segar dan fit kembali.

Kenyamanan dalam perjalanan mudik adalah yang terpenting untuk anak. Selain bisa membuatnya senang, mudik dengan nyaman juga akan memperbaiki suasana hati anak Anda. Jadi, cobalah untuk membuat anak Anda nyaman selama perjalanan mudik. (YG)