CiriCara: Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk Berkomputer

by
August 15th, 2012 at 11:34 am

CiriCara.com - Ketika sedang sibuk dengan segala kegiatan, kita seringkali lupa untuk menjaga kesehatan, baik tubuh, maupun beragam teknologi yang kita miliki seperti komputer, laptop, atau smartphone. Jika Anda merasa kesehatan atau kebugaran tubuh mulai menurun, mungkin ada kaitannya dengan kebiasaan dalam menjalani rutinitas tersebut. Untuk menyegarkan kembali tubuh sekaligus perangkat komputer Anda, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan buruk di seputar penggunaan teknologi seperti dikutip dari Geeksugar.

1. Posisi Duduk

Pekerjaan yang memaksa untuk duduk berjam-jam di depan komputer bisa berdampak sangat buruk terhadap tubuh Anda. Untuk mencegah kemungkinan terburuk dari rutinitas tersebut, mintalah kepada atasan untuk menyediakan meja dan kursi yang memungkinkan Anda menyandang posisi duduk yang baik saat menggunakan komputer.

2. Kebersihan

Fakta lain mengenai teknologi yang kita miliki adalah bahwa kita seringkali mengabaikan kebersihan mereka. Percaya atau tidak, sebuah studi menunjukkan bahwa keyboard di komputer rumahan mengandung kuman 60 kali lebih banyak ketimbang sebuah toilet duduk. Jadi, biasakanlah untuk membersihkan komputer Anda beserta perangkat-perangkat pendukungnya.

3. Penggunaan Smartphone

Tidak bisa dipungkiri bahwa ponsel pintar ini mampu membantu berbagai kegiatan kita mulai dari pekerjaan hingga percintaan. Namun, seringkali penggunaan smartphone dilakukan secara berlebihan hingga sedikit demi sedikit kita semakin jauh dari orang-orang di sekitar kita, terutama keluarga. Mulailah untuk mengontrol penggunaan smartphone.

Biarkan gadget favorit Anda offline untuk sementara waktu ketika bersama dengan keluarga atau teman-teman, dan mulai online ketika sedang sendirian agar tidak kesepian. Dengan cara ini, Anda bisa kembali mendekatkan diri dengan keluarga sekaligus menghemat penggunaan baterai smartphone Anda.

4. Back up data

Kebanyakan pengguna komputer masih sangat jarang melakukan back up terhadap data-data penting. Padahal, memindahkan data ke tempat lain seperti hardisk eksternal –kemudian menyimpannya di tempat aman– menjamin bahwa kita tidak akan kehilangan data penting seperti dokumen bisnis, kenang-kenangan, atau beragam informasi yang mungkin kita perlukan lagi di lain waktu.

5. Durasi

Singkat saja: menggunakan komputer terlalu lama tanpa istirahat dapat membunuh Anda. Beberapa kejadian telah membuktikannya seperti Kaixiang, Chuang, atau Russel Shirley. Berilah diri Anda istirahat rutin setidaknya satu jam sekali setiap menggunakan komputer.

6. Shut down rutin

Komputer memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibanding perangkat lainnya. Karena kelebihan ini, orang seringkali membiarkan komputernya hidup atau sleep/hybernate selama berhari-hari. Demikian juga dengan pengguna laptop yang kini lebih suka langsung menutup laptopnya atau membiarkannya hybernate tanpa shut down terlebih dahulu. Ditinjau dari segi penggunaan energi, hybernate/sleep memang hampir sama efisiennya dengan shut down.

Namun, jika kita tidak men-shut down komputer atau laptop secara reguler, bermacam data yang harusnya digunakan hanya dalam periode tertentu seperti temporary files, disk caches, page files, open file descriptors, pipes, sockets, zombie processes, memory leaks, dll akan terus tersimpan di perangkat kita yang membuatnya menjadi “lemot”. Melakukan shut down akan me-refresh kembali komputer atau laptop Anda.

7. Tempat tidur

Membawa gadget ke tempat tidur dapat membuat Anda tidur jauh lebih malam dari biasanya. Penyebabnya bukan hanya karena beragam aktifitas seperti browsing dan gaming, tetapi juga manipulasi cahaya yang memberi pengaruh terhadap mata kita. Cahaya terang yang dipancarkan perangkat seperti smartphone atau laptop merangsang otak kita untuk berpikir bahwa hari masih siang (belum larut) sehingga menunda kemampuan tubuh untuk tertidur.

Demikian tips menyegarkan kembali tubuh serta perangkat komputer Anda. Simak juga kebiasaan-kebiasaan buruk pekerja kantoran yang konon katanya mampu mengurangi umur Anda. (dd)

Comment di sini