Hati-hati Sakit Gondongan di Musim Kemarau

by
August 15th, 2012 at 3:15 pm

CiriCara.com – Musim kemarau yang cukup panas memiliki keuntungan sendiri bagi yang gemar melakukan perjalanan. Misalnya pergi ke pantai, naik gunung, dan aktivitas lain yang bisa membuat pikiran tenang.

Namun, musim kemarau bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi Anda karena bisa saja virus datang menghampiri dan menimbulkan berbagai penyakit seperti migrain atau sakit kepala dan infeksi jamur.

Salah satu virus di musim kemarau yang dapat  menimbulkan penyakit yaitu paramyxovirus. Virus ini dapat menyebabkan penyakit gondongan.

Gondongan dalam istilah kedokteran dikenal sebagai parotitis atau mups yaitu suatu penyakit menular dimana seseorang terinfeksi oleh virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

Selain virus paramyxovirus, ternyata bakteri staphylococcus juga dapat membuat sakit gondongan yang cukup parah. Berikut ciri-ciri sakit gondongan yang disebabkan oleh virus paramyxovirus:

1. Suhu tubuh naik dengan cepat

2. Bengkak di sekitar atas leher atau pipi bagian bawah

3. Kesulitan menelan dan muncul gejala seperti flu

4. Sakit tidak terlalu terasa

Sedangkan, bila disebabkan oleh bakteri staphylococcus maka cirinya adalah sebagai berikut:

1. Suhu tubuh merangkak naik

2. Daerah leher atau pipi yang bengkak berwarna kemerahan

3. Sakit lebih terasa

Bila Anda merasa memiliki ciri-ciri penyakit gondongan, sebaiknya berikan antipiretik untuk meredakan demam dan multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bila rasa sakitnya semakin parah, segera periksa ke dokter.

Gondongan ini bisa menular ke orang lain bila kondisi orang tersebut menurun atau bisa tertular karena udara lembap sehingga kuman yang berada di udara bebas jumlahnya lebih banyak. Penyakit ini sangat rentan tertular pada anak-anak karena daya tahan tubuh mereka lebih lemah.

Untuk mencegah agar Anda tidak terjangkit penyakit ini, sebaiknya melakukan vaksinasi MMR (Mups, Morbili, Rubela) yang dapat diberikan untuk remaja dan orang dewasa. Untuk pencegahan di usia dini, dapat dilakukan imunisasi. (NR)

Comment di sini