Inilah Lomba-lomba Tradisional Khas 17 Agustus

by
August 15th, 2012 at 2:55 pm

CiriCara.com – Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan melakukan upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain melakukan upacara, beberapa warga juga sering mengadakan lomba tradisional. Mau tahu seperti apa lombanya?

Setiap tahunnya sejumlah kampung ataupun sekolah akan mengadakan lomba untuk menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Semua orang, baik wanita, pria, anak-anak, ataupun orangtua boleh mengikuti lomba ini.

Berikut lomba-lomba tradisional khas Hari Kemerdekaan Indonesia:

1. Tarik tambang

Lomba ini mengharuskan pesertanya untuk saling adu kuat dalam mengalahkan lawannya. Peserta akan dibagi menjadi dua grup dan masing-masing terdiri dari 5 orang atau lebih. Siapa yang berhasil menarik lawannya, dia yang akan menang.

2. Makan kerupuk

Lomba ini sangat populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Panitia menyediakan sebuah kerupuk yang digantung. Para peserta diminta untuk memakan kerupuk tersebut tapi tidak boleh dibantu dengan tangan, hanya mulut saja. Yang paling cepat menghabiskan kerupuknya, dia pemenangnya.

3. Balap karung

Lomba ini adalah adu kecepatan, tapi menggunakan karung. Semua peserta diminta untuk memasukkan bagian bawah tubuhnya ke dalam karung. Lalu melompat-lompat sampai ke garis finish, siapa cepat dia yang menang.

4. Lari (balap) kelereng

Harianjogja

Inti dari lomba ini adalah kecepatan dan keseimbangan dalam membawa kelereng. Peserta diminta untuk menggigit gagang sendok dengan mulutnya dan menaruh kelereng di sendok tersebut. Lari sampai ke garis finish tapi kelereng tidak boleh jatuh dan tidak boleh di pegang menggunakan tangan.

5. Panjat pinang

AFP PHOTO/Bay ISMOYO

Di lomba ini para peserta diminta untuk memanjat pohon pinang yang sudah dilumuri pelumas. Di atas batang pohon tersebut ada berbagai macam hadiah yang menarik. Karena batang pohon yang licin, perlombaan ini lebih diarahkan ke kerjasama tim agar bisa sampai di atas dan melepas semua hadiahnya.

Sebenarnya masih banyak lagi lomba-lomba tradisional yang diadakan menjelang perayaan kemerdekaan. Namun, kelima lomba tradisional itulah yang paling terkenal dan sering diadakan disetiap daerahnya.

Apakah kamu pernah menjadi juara saat lomba kemerdekaan Indonesia?

(YG)