Jam Operasi Bus Transjakarta Saat Lebaran

by
August 15th, 2012 at 10:47 am

Jakarta (CiriCara.com) – Moda transportasi masal bus Transjakarta akan tetap melayani penumpang saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Hanya saja menurut Badan Layanan Umum (BLU) Transjkarta, jam operasi bus akan mengalami perubahan.

Juru Bicara BLU Transjakarta, Sri Ulina mengatakan bahwa bus Transjakarta akan mulai beroperasi usai salat Ied. Bus Transjakarta akan mulai melayani penumpang pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 23.00 WIB. Untuk hari sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri, jam operasi bus akan kembali normal yakni 05.00 WIB samapi 23.00 WIB.

Menurut Sri untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di beberapa rute, pihaknya akan menambah jumlah armadanya. “Jumlah armada bus dengan rute menuju Ancol dan Ragunan akan kami tambah sekitar 5-10 persen dari pada hari biasa,” kata Sri kepada Tempo.

Berdasarkan data penumpang pada Lebaran tahun lalu, rute Ancol dan Ragunan memang mengalami lonjakan penumpang. Dimana ada sekitar 30 ribu orang yang menggunakan bus Transjakarta menuju Ragunan saat hari Lebaran.

Nantinya, jelas Sri, penambahan armada dilakukan dari pengalihan petugas yang koridornya sepi penumpang. Armada di beberapa koridor yang sepi akan di alihkan ke koridor rute Ragunan dan Ancol. “Kami sudah susun rencana operasi pada hari Lebaran,” ujarnya.

Menurut Sri, banyak warga Jakarta yang memanfaatkan momen Lebaran untuk berkumpul bersama keluarga dan pergi rekreasi bersama. Itulah sebebnya rute Ancol dan Ragunan diprediksikan akan mengalami lonjakan penumpang sama seperti tahun sebelumnya.

Namun, Sri memprediksikan jumlah lonjakan penumpang tidak akan berbeda jauh dari lonjakan saat tahun lalu. Sekitar 30 ribu orang siap memadati halte Transjakarta menuju dua lokasi pariwisata Jakarta tersebut.

(YG)

Comment di sini