Klinik Tong Fang Diminta Untuk Mengubah Iklannya

by
August 15th, 2012 at 9:35 am

Jakarta (CiriCara.com) – Iklan testimoni Klinik Tong Fang dianggap telah menyalahi peraturan tentang iklan kesehatan. Akibatnya, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara telah memberikan sanksi kepada pihak Klinik Tong Fang. Sanksi yang diberikan adalah perubahan iklan.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Bambang Suheri mengatakan bahwa pihaknya sudah memanggil pihak Klinik Tong Fang. Setelah melakukan pemeriksaan, pengobatan alternatif yang berada di Kelapa Gading itu hanya bermasalah dengan iklan.

Menurut Bambang, mengenai pendirian klinik, metode praktek, dan bahan baku obat, Klinik Tong Fang sudah mengantongi izin. “Jadi, yang bermasalah hanya periklanannya saja,” ujarnya seperti dikutip dari Tempo, Selasa (14/8/2012) kemarin.

Dari hasil pemeriksaan, ternyata iklan Klinik Tong Fang yang sudah lama beredar itu telah menyalahi aturan. Dimana iklan tersebut telah melanggar Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1787/Menkes/Per/XII/2010 tentang iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan.

Iklan testimoni Tong Fang juga dinilai telah melanggar Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 386/Men.Kes/SK/IV/1994 tentang Pedoman Periklanan Obat Tradisional. Jadi, Klinik Tong Fang akan dikenai sanksi untuk merubah iklannya.

“Dulu, kan, ada kalimat-kalimat testimoni yang berlebihan seperti memuja-muja klinik tersebut. Sekarang iklan yang itu sudah tidak ada,” kata Bambang. Kata “dokter” dalam iklan yang terkesan melecehkan profesi dokter juga sudah dihilangkan.

Bambang mengungkapkan, ada beberapa pengobatan tradisional lainnya yang masih membuat iklan serupa seperti iklan testimoni ala Klinik Tong Fang. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menindaklanjuti.

Tapi, KPI mengaku tidak bisa berbuat banyak selama belum ada laporan dari masyarakat yang merasa dirugikan mengenai iklan tersebut. Jadi, KPI hanya akan menunggu laporan masyarakat agar bisa bertindak.

(YG)

Comment di sini