Tiket Dari Calo Tak Bisa Digunakan

by
August 15th, 2012 at 10:15 am

Ilustrasi

Bandung (CiriCara.com) – Jika Anda para pemudik menggunakan kereta api diharapkan untuk tidak menggunakan jasa calo untuk mendapat tiket. Pasalnya, tiket yang dibeli dari calo tidak bisa digunakan. Tiket kereta api yang dibeli dari calo secara otomatis telah hangus.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara tegas menolak untuk meloloskan penumpang yang telah membeli tiket kereta dari jasa calo. Kebijakan ini bertujuan untuk meminimalkan praktek calo di musim mudik Lebaran 2012 ini.

“Mereka tidak bisa menggunakan tiketnya karena dibeli dari calo,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi II Bandung Bambang S Prayitno, kepada Tempo, Selasa (14/8/2012) kemarin.

Bambang menuturkan sebanyak 115 tiket kereta di Stasiun Kiaracondong, Bandung dinyatakan hangus karena dibeli dari calo. Tiket tersebut merupakan tiket KA Pasundan dan KA Pasundan Lebaran (kereta tambahan) yang berangkat pagi.

Ratusan tiket dari jasa calo itu terjaring setelah PT KAI memberlakukan sistem boarding di stasiun kereta, dimana penumpang yang boleh masuk stasiun hanya yang mengantungi tiket saja. Satu per satu calon penumpang dan tiketnya diperiksa dengan mencocokan kartu identitas (KTP) dengan nama di tiket.

Dari sistem tersebut ditemukan ada ratusan penumpang yang memegang tiket dengan nama yang berbeda. Akibatnya, ratusan penumpang tersebut terpaksa tidak boleh menumpang kereta dengan tiket tersebut. Karena diduga tiket tersebut dibeli dari jasa calo bukan loket resmi.

“Setelah paham tidak bisa masuk stasiun akhirnya mereka terus terang telah membeli tiket dari calo. Ini salah satu yang harus menjadi perhatian masyarakat, membeli tiket dari calo tidak berguna,” kata Bambang.

Bambang menuturkan bahwa beberapa penumpang akhirnya mencoba untuk membeli lagi tiket yang sudah hangus itu dengan cara menghanguskannya dulu. Meskipun begitu, lanjutnya, belum tentu penumpang itu bisa membeli lagi karena kondisi penjualan tiket sudah semakin ramai.

(YG)

Comment di sini