Tips Agar Rumah Aman ketika Ditinggal Mudik

by
August 15th, 2012 at 5:01 pm

CiriCara.com – Mudik sudah menjadi tradisi bagi warga Indonesia ketika menjelang Lebaran. Berbagai cara dilakukan untuk dapat bisa kembali ke kampung halamannya. Misalnya mengantri membeli tiket kereta, menunggu kedatangan bus, atau mempersiapkan dana untuk mudik.

Mereka yang mudik, otomatis akan meninggalkan rumah untuk beberapa hari. Namun, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan agar rumah tetap aman ketika ditinggal oleh si penghuni rumah. Berikut tipsnya:

1. Pastikan semua celah terkunci

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan pintu, jendela, dan pagar rumah Anda sudah terkunci. Tujuannya adalah agar tidak ada orang lain yang dapat masuk ke rumah Anda. 

2. Padamkan berbagai peralatan yang menggunakan listrik

Pastikan pula peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik seperti televisi, kulkas, dvd, dan peralatan listrik lainnya dalam keadaan mati. Bila perlu cabut kabel yang menghubungkannya ke stop kontak untuk menghindari kebakaran.

Untuk lampu, nyalakan beberapa saja agar memberi sedikit penerangan pada rumah Anda. Jangan mematikan semua lampu rumah, nantinya malah tidak diketahui tetangga apabila ada orang lain yang masuk ke rumah Anda.

3. Laporkan kepada RT/RW

Warga yang akan mudik wajib melapor kepada RT/RW. Tujuannya adalah agar RT/RW mengetahui keberadaan Anda dan alasan rumah Anda sepi.

Penting juga untuk memberikan nomor telepon Anda kepada RT atau salah satu tetangga agar bisa menghubungi bila terjadi hal-hal darurat terkait dengan rumah Anda.

4. Simpan benda berharga di tempat aman

Ada baiknya untuk menyimpan barang berharga Anda di tempat Aman. Simpanlah perhiasan, uang, atau barang berharga lainnya di dalam lemari atau brankas. Dan pastikan lemari atau brankas tersebut terkunci dan tidak ada seorangpun yang mengetahuinya kecuali keluarga Anda.

Ketiga hal diatas harus dilakukan agar rumah Anda tetap aman walaupun ditinggal oleh penghuni rumah. Mudik akan terasa tenang ketika sudah melakukan ketiga tips diatas. Untuk Anda yang akan segera mudik, jangan lupa ya melakukan ketiga hal tersebut. Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan. (NR)

Comment di sini