Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Sewaan

by
August 15th, 2012 at 11:33 am

CiriCara.com – Bulan Ramadan identik dengan mudik. Warga yang melakukan urbanisasi, biasanya ketika menjelang Lebaran akan kembali ke kota asalnya atau biasa disebut dengan mudik.

Beberapa hari sebelum Lebaran, mereka berbondong-bondong untuk dapat kembali ke kota tercintanya. Mereka yang mudik, biasanya memilih berbagai alat transportasi seperti kereta api, pesawat, kapal laut, dan melalui jalur darat dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Namun, ada juga yang memilih untuk menggunakan mobil sewaan.

Untuk Anda yang ingin mudik dengan memilih menyewa mobil sewaan, sebaiknya perlu memperhatikan hal-hal berikut seperti yang diungkapkan oleh Pongki Pamungkas selaku Ketua Asosiasi Perusahaan Rental Kendaraan Indonesia (Asperkindo):

1. Pikirkan rencana yang matang

Sebelum memutuskan untuk mudik dengan mobil sewaan, Anda harus memikirkan matang-matang rencana itu. Mulai dari uang yang disediakan, dengan siapa saja Anda akan mudik, kebutuhan apa saja yang dibawa hingga keadaan fisik keluarga maupun Anda.

Mungkin salah satu alasan Anda memilih mobil sewaan untuk mudik yaitu untuk dapat bisa berkumpul dengan keluarga dalam satu mobil. Tetapi ingat, perjalanan harus tetap direncanakan sebaik mungkin agar keputusan yang diambil tepat.

2. Pemilihan rental mobil

Pemilihan rental mobil juga cukup penting untuk Anda yang akan menyewa mobil. Pastikan untuk memilih rental yang profesional. Maksudnya adalah rental mobil dapat memberikan jasa layanan persewaan mobil yang baik dan terpercaya.

Pilihlah rental yang menyediakan kendaraan cadangan. Gunanya adalah untuk dapat memberikan mobil pengganti jika terjadi ketidakberesan pada mobil yang sebelumnya Anda sewa.

3. Pemilihan kendaraan

Pilihlah kendaraan sesuai kebutuhan berdasarkan jumlah penumpang. Misalnya Anda mudik dengan 6 orang, tentunya Anda akan memilih mobil yang sedikit lebih besar agar keluarga merasa nyaman selama di perjalanan. Selain itu, periksalah kondisi kendaraan sebelum Anda memutuskan untuk menyewa mobil tersebut.

Periksalah keadaan mesin, ban, dan kondisi fisik mobil tersebut. Tujuannya agar Anda tidak dirugikan oleh pihak rental dan perjalanan mudik Anda akan terasa menyenangkan.

Terlepas dari sarana transportasi apapun yang Anda pilih untuk dipakai pada saat mudik, sebaiknya Anda tetap waspada dan jaga diri serta keluarga agar mudik terasa menyenangkan dan bisa sampai di kampung halaman dengan selamat. (NR)

Comment di sini