8 Kasus Penembakan Mengerikan Sepanjang Sejarah Amerika

by
August 16th, 2012 at 8:14 am

CiriCara.com – Akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang kasus penembakan yang banyak terjadi di Amerika Serikat. Masih segar dalam ingatan bagaimana mengejutkannya kasus penembakan Kolorado saat serial Film Batman, The Dark Knight Rises, menewaskan sejumlah orang tak berdosa.

Rupanya, kasus penembakan semacam itu sudah sering terjadi di Amerika Serikat dari tahun ke tahun. Berikut ini adalah daftar kasus-kasus penembakan terburuk yang pernah terjadi di Amerika Serikat.

1 Penembakan di Kuil Sikh

Penembakan tragis ini menimpa masyarakat yang beragam Hindu di Amerika Serikat. Kuil ini berada di Wisconsin, tepatnya di Oak Creek. Kasus penembakan yang terjadi pada awal Agustus 2012 ini menewaskan 6 orang. Pelaku penembakan yang menggunakan pistol Springfield 9 mm, juga menembaki petugas polisi yang datang ke lokasi kejadian. Akhirnya, si pelaku pun menembak dirinya sendiri.

2. Penembakan di Bioskop Kolorado

Penembakan yang sangat sadis ini terjadi di salah satu bioskop yang berada di Aurora, Kolorado. 12 orang terbunuh dan 58 menderita luka parah akibat insiden penembakan pada tayangan midnight di bioskop tersebut. Pelakunya, James Eagan Holmes diduga mengalami gangguan kejiwaan dan sedang menjalani proses hukum.

3. Penembakan di Sekolah Chardon

Pada 27 Februari 2012, T.J. Lane menjadi tersangka dari kasus penembakan paling mematikan di SMA Chardon. T.J. Lane menggunakan senjata Ruger MK III kaliber 22, senjata semi otomatis yang menewaskan 3 orang dan 3 lainnya menderita luka-luka. Setelah melewati persidangan, akhirnya Lane resmi menjadi seorang tahanan.

4. Penembakan di Fort Hood

Kasus penembakan di Fort Hood, Texas menewaskan 13 orang dan menyebabkan 29 orang luka-luka. Pelakunya adalah tentara AS berdarah campuran Amerika-Palestina, Nidal Malik Hasan. Dia menembaki para korbannya dengan menggunakan pistol FN 5-7 dan senapan Magnum 357. Insiden penembakan ini terjadi pada 5 November 2009.

5. Penembakan di American Civic Association

Seorang warga berusia 41 tahun, bernama Jiverly Wong datang ke gedung American Civic Association dengan menembaki orang-orang yang berada di gedung itu sehingga ada 13 korban tewas. Sang pelaku akhirnya bunuh diri setelah melakukan aksi kejamnya itu.

6. Penembakan sebuah keluarga

Kasus penembakan yang menimpa sebuah keluarga menewaskan 11 orang termasuk sang pelaku. Pelakunya diketahui bernama Michael McLendon. Aksi naas ini terjadi pada 11 Maret 2009 lalu. Menurut beberapa sumber, sang pelaku menembak dirinya sendiri setelah baku tembak dengan petugas-petugas kepolisian dan dikejar hingga ke jalan raya pedesaan.

7. Penembakan di Universitas Virginia Tech

Universitas Virginia Tech yang berada di Blacksburg mengalami peristiwa yang tidak dapat dilupakan pada 17 April 2007 lalu. Salah seorang murid seniornya yang bernama Cho Seung-Hui (23) membunuh 32 orang, dan 25 orang lainnya mengalami luka parah. Cho menggunakan pistol Walther P22. Dia lebih memilih untuk membunuh dirinya sendiri setelah melakukan aksi kejam itu.

8. Penembakan di SMA Columbine

Ini adalah salah satu penembakan yang masih diingat jelas dalam sepanjang sejarah AS. Insiden yang menewaskan 12 murid dan 1 orang guru di SMA Columbine ini, terjadi pada 20 April 1999.

Itulah sederet kasus-kasus penembakan yang terjadi di Amerika Serikat mulai dari tahun 1999 hingga 2012 ini. (yk)

MSN

Comment di sini