Bukan Empat Mata Kena Semprit KPI Lagi

by
August 16th, 2012 at 4:54 pm

CiriCara.comKPI (Komisi Penyiaran Indonesia) memberikan peringatan untuk yang kesekian kalinya pada salah satu program Trans 7, Bukan Empat Mata.

Komisi Penyiaran Indonesia menilai bahwa salah satu adegan dalam tayangan program tertanggal 2 Agustus lalu memiliki potensi memunculkan dampak yang buruk pada masyarakat. Surat KPI tanggal 15 Agustus 2012 itu menyebutkan bahwa tayangan yang dipandu oleh Tukul Arwana ini melanggar B4M.

Adegan yang melanggar dilakukan oleh Marcella Lumowa yang menjelaskan mengenai sebuah cerita berjudul “Doa Seorang Wanita Bernama Susi”.

Ia bercerita mengenai seorang perempuan yang bernama Susi berdoa pada Tuhan agar ia mendapat suami yang pengertian, tampan, dan setia. Akhirnya muncullah sesosok pria yang bernama Reynaldi. Pria yang ingin menikah dengan Susi. Saat menatap pria itu, Susi kembali teringat akan doa yang pernah ia panjatkan dan mengeluhkan mengapa pria yang datang padanya tidak sesuai dengan permintaannya.

Cerita kemudian dilanjutkan dengan Tuhan yang memberikan jawaban atas tiga permintaan Susi. Untuk harapan suami setia, Tuhan menjelaskan bahwa pria yang datang jelek sehingga tidak ada yang mau dengannya. Oleh karena itu ia adalah pria setia. Untuk permintaan suami pengertian, Tuhan menjawab, pria tersebut bisa menjadi suami yang memahami sang istri bahkan bisa menjadi apapun seperti penyedot debu dan kain pel sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk permintaan ketiga, Tuhan mengajak Susi untuk berjalan-jalan ke sawah. Di sana Tuhan berkata bahwa pria tersebut lebih tampan daripada orang-orangan sawah.

KPI menegur acara ini karena lawakan Tuhan yang berpotensi menimbulkan efek negatif. Menurut KPI, hal ini bukanlah hal yang bisa diterima oleh masyarakat Indonesia.

KPI juga menerima analisis penayangan adegan dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) tanggal 8 Agustus melalui sebuah surat yang menyebutkan bahwa pelecehan mengenai fisik seseorang tidak dibenarkan dalam Islam sebagaimana dijelaskan dalam Al Qur’an surah al-Hujurat ayat 11. (GT)

Comment di sini