CiriCara: 5 Cara Mencegah Mabuk Perjalanan Ketika Mudik

by
August 16th, 2012 at 1:10 pm

CiriCara.com – Tidak sedikit pemudik yang di dalam perjalanannya merasakan mabuk darat, laut, atau udara seperti merasa mual, pusing, keringat dingin, tidak mau makan, dan ingin segera tidur.

Mabuk perjalanan bukanlah suatu penyakit, melainkan disebabkan oleh tubuh yang berguncang ketika dalam perjalanan. Guncangan ini dapat mengakibatkan pusat sistem keseimbangan tubuh yang ada di telinga bagian dalam tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga memberikan reaksi berupa kepala pening, mata berkunang, dan lain sebagainya.

Namun, berbagai gejala mabuk tersebut dapat dicegah ketika dalam perjalanan di kereta api, pesawat, kapal laut, mobil dan sarana transportasi lainnya dengan cara berikut ini:

1. Pilih tempat duduk di depan

Bila perjalanan mudik Anda akan ditempuh menggunakan sarana transportasi darat seperti bus, travel, atau kendaraan pribadi, sebaiknya hindari memilih tempat duduk di bagian belakang. Di tempat itu biasanya akan lebih terasa guncangan sehingga mengakibatkan Anda mual. Sebaiknya, pilihlah tempat duduk di bagian depan atau di tengah-tengah saja.

2. Jangan sambil membaca

Perjalanan yang ditempuh tentunya akan memakan waktu yang cukup lama. Ketika dalam perjalanan, alangkah baiknya Anda tidak terlalu banyak melakukan aktivitas, seperti membaca. Karena ketika membaca, otomatis Anda akan menundukkan kepala sehingga akan terasa mual dan pusing. Sarannya adalah pandangi batas langit dan bumi selama perjalanan.

3. Sandarkan kepala

Bersantailah ketika dalam perjalanan mudik. Misalnya dengan merebahkan kepala Anda ke sandaran atau bisa sambil melihat-lihat suasana keramaian mudik. Cara ini bisa membuat Anda lebih nyaman dan menikmati perjalanan mudik.

4. Upayakan wajah terkena embusan angin

Untuk pemudik yang memilih sarana transportasi dengan tidak menggunakan AC, agar tidak merasa mual dan pusing upayakan wajah Anda terkena embusan angin atau udara segar.

5. Jangan merokok

Satu lagi aktivitas yang harus dihindari selama perjalanan adalah merokok. Apabila Anda merokok, biasanya akan merasa mual dan pusing karena ada racun yang masuk ke tubuh Anda. Untuk yang tidak bisa menghindari rokok, Anda tetap bisa merokok asalkan tidak berlebihan, cukup sesekali saja.

Perlu diingat juga bahwa tetap persiapkan berbagai jenis obat agar tidak repot lagi ketika perjalanan mudik. Mudik juga akan lebih terasa nyaman dan menyenangkan bila memperhatikan kondisi badan Anda. (NR)

Comment di sini