CiriCara: Cara Bersihkan Kipas Pada Laptop [Video]

by
August 16th, 2012 at 3:05 pm

CiriCara.com - Ada banyak hal yang menyebabkan smartphone, komputer, atau laptop kita bekerja tidak optimal. Salah satu di antaranya adalah karena kebersihan yang tidak terjaga. Karena itu, kita akan membahas cara membersihkan mereka, khususnya kipas pada laptop.

Mengapa para pengguna komputer tidak membersihkan perangkat mereka? Pertama, karena mereka tidak menyadari bahwa debu-debu yang berada di dalam perangkat tersebut dapat mempengaruhi kinerja. Kedua, karena mereka pada dasarnya tidak tahu bagaimana cara membersihkannya. Padahal, caranya cukup mudah.

Sebelum memulai, persiapkan obeng dan kompresor bertekanan rendah, atau alat serupa yang bisa digunakan untuk meniup debu-debu. Pastikan laptop dalam keadaan mati, jangan lupa cabut juga AC adapter-nya lalu letakkan laptop pada posisi terbalik.

Langkah pertama, lepaskan baterai. Temukan posisi kipas pendingin yang ada di dalam laptop Anda lalu lepaskan panel yang menutupinya dengan menggunakan obeng. Jika kipas sudah terlihat, langkah selanjutnya adalah menyingkirkan sang debu.

Ambil kompresor, tiupkan secara menyeluruh di sekitar kipas. Utamakan bagian atas yang langsung menghadap ke lubang ventilasi. Setelah merasa cukup bersih, pasang kembali panel penutup yang tadi dilepaskan. Pasang kembali baterai dan laptop sudah bisa digunakan kembali.

Untuk lebih jelasnya, saksikan video berikut ini:

Jika laptop Anda terasa cepat panas atau mengeluarkan bunyi bising, kemungkinan besar penyebabnya adalah kotoran tersebut. Sebaiknya, bersihkan perangkat komputer Anda secara reguler. (dd)

Comment di sini