CiriCara: Cara Membentuk Keluarga yang Sakinah

by
August 16th, 2012 at 5:04 pm

CiriCara.com – Membentuk suatu keluarga yang harmonis dan sakinah merupakan impian bagi semua orang. Memiliki anak yang selalu berbakti kepada orangtua dan dapat menjadi anak yang sukses juga merupakan impian orangtua.

Untuk yang sudah berkeluarga, CiriCara.com akan memberikan tips agar keharmonisan dapat terjalin antarsesama anggota keluarga. Simak tips berikut ini:

1. Membiasakan salam

Biasakan mengucapkan salam ketika hendak masuk dan keluar rumah. Cara lain bila ingin bersalam yaitu, pamit dengan kedua orangtua ketika hendak keluar rumah. Bila perlu, cium pipi kiri dan kanannya.

Selain itu, bila mengangkat dan menutup telepon, sebaiknya dibiasakan juga mengucapkan salam. Mengucapkan salam baik diterapkan sejak dini agar terbiasa bila sudah dewasa nanti.

2. Selalu saling mendoakan

Apabila sehabis salat, biasakan untuk berdoa. Jangan hanya mendoakan diri sendiri. Berdoalah untuk keluarga dan orangtua agar selalu diberikan kesehatan dan keharmonisan dalam membina rumah tangga.

3. Biasakan membaca kitab suci

Membaca kitab suci bersama-sama sehabis salat dapat dilakukan untuk mempererat hubungan antarsesama anggota keluarga. Bisa juga dengan cara lain yaitu saling menyimak. Maksudnya adalah ketika salah satu anggota keluarga sedang membaca kitab suci, yang lain bisa ikut menyimaknya. Selanjutnya bisa dilakukan secara bergantian.

4. Panggil-memanggil dengan panggilan yang baik

Panggillah anggota keluarga dengan nama yang baik dan sopan. Jangan mengucapkan kata-kata kotor di hadapan keluarga.

5. Biasakan salat berjemaah

Membiasakan salat berjemaah sangat baik dilakukan dengan keluarga. Selain mendapatkan pahala yang lebih besar, juga dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga.

6. Berolahraga bersama

Ketika ada waktu luang, berolahragalah bersama. Untuk dapat lebih mempererat hubungan antar anggota keluarga, berolahraga bersama bisa dilakukan sekali dalam seminggu. Pergilah ke taman untuk lari pagi atau berenang bersama di kolam renang.

7. Rekreasi

Mengadakan rekreasi sangat baik dilakukan untuk membuat otak Anda dan keluarga tidak stres. Kunjungilah tempat rekreasi yang tidak terlalu mahal biayanya seperti museum, pantai di daerah sekitar, dan tempat lain yang tidak begitu mengeluarkan biaya banyak. Berekreasi bisa dilakukan satu bulan sekali. Dengan begitu akan lebih mempererat hubungan antaranggota keluarga.

8. Bersikap lemah lembut

Bersikap lemah lembut wajib dilakukan setiap orang kepada orang lain. Alangkah baiknya bersikap lemah lembut dan sopan juga kepada anggota keluarga.

Keharmonisan dalam suatu keluarga sangatlah penting karena kepribadian seseorang juga terbentuk dari faktor lingkungan keluarga. Dengan melakukan delapan cara di atas, semoga keharmonisan kieluarga dapat terjalin dan menjadi keluarga yang sakinah. (NR)