Gara-gara Iklan Tong Fang, Global TV Ditegur KPI

by
August 16th, 2012 at 9:23 am

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sudah melayangkan surat teguran kepada lima stasiun televisi yang menayangkan iklan testimoni mirip Klinik Tong Fang. Salah satunya adalah untuk Global TV. Kini, pihak Global TV mengaku sudah mencabut iklan tersebut.

Humas Global TV Idham Azka mengaku sudah menerima surat teguran dari KPI pada 10 Agustus 2012 lalu. Isinya adalah terguran mengenai penayangan iklan klinik tradisional yang melanggar aturan. Salah satu iklan yang melanggar tersebut adalah iklan Klinik Tong Fang.

Idham menjelaskan pihaknya melakukan penghentian iklan karena dianggap telah melanggar Peraturan Menteri Kesehatan No. 1787 tahun 2010 dan etika pariwara. “Karena itu iklan itu sudah kami drop,” kata Idham seperti dikutip Tempo.

Menurut Idham, pihak Global TV selalu merespon baik apa yang dilaporkan oleh pihak KPI. Setiap kali mendapat teguran dari KPI, Global TV akan mengambil tindakan berupa pengubahan isi atau penghentian siaran program atau iklan yang bermasalah itu.

Sebelumnya, KPI telah memberikan surat teguran kepada lima stasiun televisi. Dalam tegurannya, KPI memberitahukan bahwa iklan pelayanan kesehatan alternatif yang berlebihan itu tidak etis. Apalagi dalam iklan tersebut menampilkan promosi dan testimoni dari pasien yang berlebihan dan tidak berdasar.

Kelima stasiun televisi yang mendapat teguran dari KPI adalah, Global TV, Metro TV, Trans TV, Trans 7, dan TvOne. “Jika masih ditayangkan, maka izin penyangan iklan tersebut kami cabut. Dihentikan penayangannya,” ujar Ketua KPI, Muhammad Riyanto.

Salah satu iklan yang membuat heboh adalah iklan Klinik Tong Fang. Bahkan, iklan tersebut dianggap telah melecehkan profesi seorang dokter. Beberapa masyarakat yang mulai risih melihat iklan Klinik Tong Fang itupun akhirnya mengeluarkan kritik lewat parodi di Twitter.

Sebelumnya, pihak Suku Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga sudah memberikan teguran kepada pihak Klinik Tong Fang. Namun, karena sudah mengantungi izin pratek dan izin obat, Klinik Tong Fang hanya diminta untuk mengubah iklannya agar tidak terkesan berlebihan.

(YG)

Comment di sini