Inilah 8 Area Paling Berkuman di Pusat Perbelanjaan

by
August 16th, 2012 at 3:48 pm

CiriCara.com - Kuman adalah organisme kecil seperti virus, bakteri, jamur, protozoa mikroskopik jahat yang dapat menyebabkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan. Kuman tidak dapat dilihat dengan mata telanjang oleh manusia karena ukurannya yang sangat kecil.

Mungkin kita tidak menyadari bahwa kuman itu hinggap di tubuh dan apabila kondisi fisik kita lemah, dapat menyebabkan penyakit seperti batuk pilek, radang tenggorokan, tbc, hepatitis, diare, dan lain sebagainya. Selain di tubuh kita, kuman juga terdapat di mana-mana seperti di udara, air, tanah, tanaman, hewan, bahkan pada makanan yang kita makan sehari-hari.

Tidak cukup sampai disitu saja, ternyata kuman juga ada pada benda kesayangan kita seperti ponsel, uang, remote tv, dan lain sebagainya. Selain itu, Philip Tierno, PhD, Direktur Klinis Mikrobiologi dan Imunologi di Universitas New York Langone Medical Center mengatakan bahwa di mana saja orang berkumpul pasti ada bakteri dan virus yang menempel pada tubuhnya. Contohnya saja di pusat perbelanjaan yang ramai.

Terdapat 8 area terkotor di dalam pusat perbelanjaan seperti yang dikutip oleh Health.com. Berikut 8 area terkotor di pusat perbelanjaan:

1. Wastafel

Wastafel adalah tempat yang lembap sehingga bakteri dapat bertahan hidup lebih lama di tempat itu. Bakteri seperti E. coli menumpuk di keran karena orang-orang menyentuhnya setelah menggunakan toilet.

Solusinya adalah cuci tangan Anda sampai bersih setelah menggunakan toilet. Gunakan sabun hingga berbusa dan gosok setidaknya selama 20 detik, lalu bilas sampai bersih. Gunakanlah tisu untuk mematikan keran air dan membuka pintu.

2. Restoran

Meja yang sudah dibersihkan belum tentu sudah benar-benar bersih. Pihak restoran biasanya membersihkan meja dengan kain basah. Namun Elanie Larson, Profesor epidemiologi mengatakan bahwa kain dapat menyebabkan bakteri berbahaya seperti E. coli jika tidak dicuci secara teratur. Untuk itu tetap jaga kebersihan tangan Anda bila berada di restoran.

3. Pegangan eskalator

Para ahli menemukan sisa makanan E. coli, urine, lendir, kotoran, dan darah di pegangan eskalator. Gerba, seorang penguji mengatakan bahwa ia telah menemukan cairan pernapasan pada pegangan tangan eskalator. Orang yang batuk ke tangannya lalu menyentuh pegangan tangan di eskalator dan orang lain yang menyentuh dapat terkena kuman. Hati-hati bila menyentuh pegangan di eskalator, bila mampu tidak perlu berpegangan.

4. Tombol mesin uang

Para peneliti di Cina melakukan pengetesan pada 38 mesin uang di pusat kota. Pada masing-masing tombol mesin tersebut terdapat 1.200 kuman dan mikroba penyakit seperti E. coli dan virus flu. Tombol yang terdapat kuman itu yaitu pada tombol enter karena paling banyak disentuh orang.

5. Tempat mainan

Terdapat banyak kuman di tempat mainan karena anak kecil lebih sering masuk ke toko ini dan menyentuh berbagai mainan tersebut. Contohnya, bila tidak jadi membelinya otomatis mainan itu akan diletakkan kembali di rak dan selanjutnya mungkin akan disentuh lagi oleh orang lain.

6. Kamar pas

Ketika orang mencoba pakaian, sel-sel kulit mati dan keringat akan menumpuk di kamar pas tersebut. Seseorang dapat dihinggapi bakteri yang tahan atibiotik seperti MRSA (Methicilin Resistant Staphylococcus Aureus) hanya dengan mencoba pakaian. Ketika ingin mencoba pakaian, sebaiknya tetap gunakan pakaian dalam Anda. Perlu diingat juga bahwa penting untuk mencuci pakaian yang baru dibeli.

7. Toko gadget

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Applied Mikrobiologi menemukan bahwa virus mudah menyebar pada permukaan kaca. Penelitian lain menunjukkan bahwa satu dari empat iPad yang dipajang di dua toko Apple di New York City mengandung Staphylococcus Aurerus.

8. sampel kosmetik

Penelitian pada 2005 menunjukkan bahwa sebanyak 67% hingga 100% dari tempat sampel kosmetik terkontaminasi oleh bakteri Staphylococcus dan E. coli. Untuk itu, hindari juga menggunakan sampel kosmetik untuk digunakan di bibir, mata, dan wajah. Bila ingin mencobanya, gunakan sedikit di tangan saja.

Berbagai kuman yang hinggap di 8 area itu dapat dihindari yaitu dengan cara Anda selalu membawa pembersih tangan yang mengandung alkohol. Dengan mudah, Anda bisa langsung menyemprotkannya ke tangan dan kumanpun hilang. (NR)

Comment di sini