Pendiri Twitter Luncurkan Platform Baru Pesaing Tumblr

by
August 16th, 2012 at 11:21 am

Jakarta (CiriCara.com) – Pendiri Twitter Evan Williams dan Biz Stone meluncurkan “Medium”, sebuah platform baru dalam layanan berbagi informasi. Layanan ini mengutamakan konsep di mana kita dimungkinkan untuk berbagi ide dalam bentuk tulisan, gambar, atau media lain. Pada dasarnya layanan baru yang masih misterius ini sama dengan tumblr atau blog hosting lainnya. Hanya saja, Medium menawarkan sesuatu yang baru yaitu kebebasan seseorang untuk memilih seberapa jauh ia akan berkontribusi.

“Kami mengerti bahwa sebagian besar orang lebih memilih hanya untuk melihat dan membaca, yang tentu saja bukan masalah. Namun, mereka juga bisa memberikan umpan balik kepada penulis sehingga meningkatkan kemungkinan lebih banyak orang untuk melihat,” ujar Evan dalam sebuah pengumuman di halaman medium.com.

Sama halnya dengan si penulis (pembuat post). Mereka juga dapat menentukan apakah posting-an mereka bersifat tertutup atau terbuka bagi pengguna lain untuk berkontribusi. Para blogger juga tidak perlu pusing memikirkan bagaimana menarik pembaca karena setiap post akan dikelompokkan berdasarkan “koleksi” yang nantinya dibedakan dengan template dan tema.

Medium diluncurkan secara bertahap. Sementara, mem-posting masih terbatas bagi kalangan tertentu yang nantinya akan berkembang bagi siapa saja yang telah mendaftar. Proses pendaftaran sangat mudah, pengguna dapat sign-in menggunakan akun Twitter di sini.

Secara garis besar, gambaran yang saya tangkap mengenai Medium adalah bahwa situs ini akan berkembang menjadi sebuah jejaring sosial bagi para blogger di mana mereka dapat–seperti disebutkan di atas– memilih tingkat “keterlibatan” dari masing-masing pengguna. Setuju? (dd)

Comment di sini