Unik: Luwak Berwarna Emas Ditemukan di Aceh

by
August 16th, 2012 at 9:08 am

Phys

Aceh (CiriCara.com)Fauna dan Flora Internasional (FFI) di Aceh menemukan hewan yang sangat jarang ditemui, yakni luwak jenis Herpestes Semitorquatus berwarna emas. Padahal, luwak jenis ini umumnya bewarna cokelat tua.

Sebuah tim dari FFI sedang melakukan uji coba selama 3 hari dengan menggunakan kamera perangkap. Kamera ini digunakan untuk memotret aktivitas hewan-hewan yang hidup di alam bebas. Hal ini dilakukan karena biasanya hewan-hewan yang hidup di alam liar itu tidak mau menunjukan dirinya jika mereka tahu bahwa ada manusia yang sedang mengamati.

Dr. Matthew Linkie, manajer program FFI, menyatakan bahwa dia dan tim-nya sudah menggunakan kamera perangkap ini selama lebih dari 10 tahun dan kamera ini sangat membantu FFI untuk dapat mengabadikan setiap perilaku hewan yang terjadi di alam liar.

Dr. Matthew juga mengaku sangat terkejut ketika hewan yang pertama kali muncul di depan kameranya adalah seekor luwak dengan warna yang tidak biasa, hewan mamalia yang satu ini memiliki warna cerah. Awalnya, luwak ini terlihat seperti jahe raksasa, tapi setelah diperhatikan baik-baik, ternyata itu adalah seekor luwak.

Luwak warna emas ini tiba-tiba saja muncul di depan kamera perangkap yang dipasang oleh tim FFI dekat dengan air terjun di daerah Aceh, Sumatera.

Luwak yang berwarna langka ini bukanlah hewan aneh pertama yang berhasil ditangkap oleh kamera perangkap. Ada beberapa jenis hewan unik seperti kelinci bergaris-garis, kijang Sumatera, dll.

Luwak yang masih masuk dalam keluarga musang ini, memang terkenal sebagai hewan yang digunakan untuk memproduksi kopi lezat nan mahal yang sudah terkenal di seluruh dunia, yaitu kopi luwak. (yk)

Comment di sini