40 Ribu PNS Jakarta Belum Masuk Kerja

by
August 23rd, 2012 at 2:24 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo melakukan operasi mendadak (sidak) di lingkungan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Dalam kegiatan yang rutin dilakukan setelah libur hari raya tersebut tercatat bahwa hampir setengah dari seluruh pegawai negeri sipil (PNS) belum masuk kerja.

Dari total 77.428 PNS di lingkungan Pemprov, tercatat 280 pegawai tidak masuk karena sakit, 10 orang tanpa keterangan, 165 izin, dan 938 cuti. Sedangkan 38.791 orang sisanya tidak masuk karena memang masih dalam masa liburan. Pasalnya, mereka tetap masuk atau piket pada saat libur lebaran, juga para guru yang masih menunggu libur sekolah usai.

“Seperti guru misalnya kan sekolahnya baru masuk Senin depan. Petugas pemadam, Satpol PP dan pegawai RSUD, yang piket pada saat Lebaran, tentu sekarang masih libur,” ujar pria yang akrab disapa Foke tersebut seperti dikutip dari Tempo.

Bagi PNS yang membolos, Foke mengatakan bahwa mereka akan menerima sanksi administratif berupa surat teguran. Surat tersebut nantinya akan mempengaruhi pembinaan karir dan tunjangan kinerja daerah yang diterima. Ia menyampaikan hal tersebut sebelum melakukan sidak di beberapa unit kerja Pemprov DKI Jakarta.

Sementara itu, tindakan serupa juga dilakukan oleh pejabat-pejabat lain seperti Menteri Dalam Negeri, Bupati Subang, Walikota Jakarta Barat, serta Gubernur Jawa Barat yang mengkalim bahwa 99 persen PNS di lingkungan mereka sudah masuk kerja hari ini. (dd)

Comment di sini