Arus Balik: 2,6 Ton Ganja di Tengah Pemudik

by
August 23rd, 2012 at 3:28 pm

Ilustrasi

Jakarta (CiriCara.com) - Di tengah padatnya arus mudik, Aparat kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni dan Seaport Interdiction disibukkan dengan temuan 2,6 ton ganja kering. Paket yang berasal dari Aceh tersebut berusaha masuk pelabuhan di tengah para pemudik pada Senin (20/8).

Barang haram tersebut diangkut dengan menggunakan Colt Diesel yang berasal dari Jakarta dengan plat B 4548 D. Kapolres Lampung Selatan AKBP Tatar Nugroho mengatakan bahwa truk mereka diamankan beserta dua kurir di pintu masuk pelabuhan sekitar pukul satu dini hari. Ia juga menambahkan bahwa 2,613 ton ganja kering tersebut telah dibagi menjadi 2.619 paket yang dijejalkan dalam 60 karung. Untuk mengelabui petugas, paket itu ditutupi dengan menggunakan buah alpukat.

Dua tersangka yang diamankan adalah Bustami alias Ucok dan Munardi. Keduanya berasal dari Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Mereka berencana mengirim paket tersebut ke Cianjur, Jawa Barat.

Seperti dikutip dari Republika, Tatar mengungkapkan bahwa paket tersebut direncanakan untuk diseberangkan ke Merak, Banten, namun terlebih dulu diamankan petugas. “… mereka memanfaatkan arus mudik Idul Fitri agar bisa lolos menyeberang,” tambahnya.

Polisi kini tengah memburu Sahrul, oknum yang merencanakan pengiriman ini. Ia diketahui membayar kedua kurir sebesar Rp 3 juta jika berhasil membawa ganja senilai Rp 5 miliar tersebut sampai ke Cianjur. Ia kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) setelah pengejaran awal berakhir gagal karena disinyalir informasi penangkapan telah bocor terlebih dahulu.

Guna menyelesaikan kasus ini, Tahar mengatakan bahwa pihaknya tengah mengembangkan dengan berkoordinasi bersama Polda Lampung dan Badan Narkotika Nasional (BNN). (dd)

Comment di sini