Arus Balik: Pelanggaran Lalin Didominasi Plat B

by
August 23rd, 2012 at 1:49 pm

alonrider / wordpress

Klaten (CiriCara.com) - Tidak hanya di Jakarta. Pemudik dengan kendaraan plat B juga kerap melakukan pelanggaran di kota yang mereka lalui selama arus balik lebaran 2012. Dari sekian banyak kendaraan yang melintasi jalur Solo-Jogja, pengendara asal Jakarta mendominasi sebagai pelanggar tata tertib lalu lintas terbanyak di antara pengemudi dari kota lain seperti Surabaya dan Malang.

Di Jawa Tengah (Jateng) sendiri, pelanggaran lebih banyak dilakukan oleh pengendara dari luar Jateng. Mereka umumnya merupakan pemudik dari Jakarta, Malang, dan Surabaya. Pelanggaran yang paling banyak dilakukan adalah menerobos lampu merah atau dikenal juga dengan nama bangjo (abang-ijo). Hal tersebut berlaku baik bagi pengendara roda dua maupun roda empat.

Seperti dikutip dari Solopos, petugas yang mengamankan arus balik 2012 membenarkan bahwa pelanggar paling banyak dari Jakarta. “…paling banyak pelanggarnya dari Jakarta atau berplat nomor B,” ujar Iptu Hastin Mahardjanti, Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Karang, Kecamatan Delanggu, Klaten.

Hastin juga menambahkan bahwa jumlah kecelakaan dalam dua hari terakhir terus meningkat. Di Pospam yang dikepalainya, telah terjadi enam kecelakaan dengan satu orang pengendara motor sebagai korban tewas. Faktor utama yang menyebabkan kecelakaan umumnya kurangnya kesadaran untuk tertib berkendara. Korban tewas di Pospam Karang, misalnya, mengalami kecelakaan dan tewas karena melanggar lampu merah.

Jalur Solo-Jogja memang merupakan salah satu jalur mudik terpadat. Kendaraan yang melintasi jalur tersebut selalu ramai dilewati para pemudik. Salah satu petugas jaga mengatakan bahwa pada pagi hari, kendaraan ramai dari Solo ke Jogja sedangkan pada sore hari sebaliknya. (dd)

Comment di sini