Arus Balik: Tips Agar Perjalanan Pulang Terasa Menyenangkan

by
August 23rd, 2012 at 4:03 pm

Vemale.com

CiriCara.com - Arus balik tentunya akan memakan waktu cukup lama karena biasanya terjadi kemacetan di beberapa titik jalur perjalanan arus balik. Diperkirakan puncak arus balik 2012 akan terjadi pada H+5 yaitu pada tanggal 24 Agustus 2012.

Kemacetan tentunya akan membuat lelah dan menyita waktu Anda. Untuk menghindari hal tersebut, CiriCara.com akan memberikan beberapa tips agar perjalanan arus balik Anda terasa nyaman dan tidak melelahkan. Berikut tipsnya:

1. Persiapkan kondisi fisik

Sebelum Anda kembali ke rumah atau melakukan perjalanan arus balik, sebaiknya pedulikan kesehatan Anda dahulu. Perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan pastinya akan cukup melelahkan tubuh Anda. Pastikan Anda tidak sedang mengalami sakit seperti demam, flu, dan lain sebagainya karena akan menghambat perjalanan pulang Anda beserta keluarga.

Selain itu, sediakanlah makanan, minuman dan obat-obatan yang perlu dibawa agar tidak perlu berhenti untuk membelinya pada saat perjalanan.

2. Cek kondisi kendaraan

Cek kondisi kendaraan Anda mulai dari mesin, bahan bakar dan lain sebagainya. Pastikan mesin mobil tidak ada kerusakan dan bila perlu isi bahan bakar hingga penuh.

3. Pilih hari dan jam yang tepat

Sebaiknya Anda mengetahui dahulu puncak arus balik yang akan terjadi. Hindari untuk melakukan perjalanan pada puncak arus balik karena akan sangat macet. Pilihlah waktu yang tepat yaitu melakukan perjalanan beberapa hari sebelum puncak arus balik.

4. Memiliki GPS 

Akan sangat bermanfaat bila mobil Anda memiliki GPS. Dengan alat ini Anda bisa dibantu untuk menemukan jalan-jalan alternatif yang bisa membuat Anda terhindar dari kemacetan berjam-jam dan kepadatan kendaraan-kendaraan yang melintas di jalur utama arus balik. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan google maps yang sama fungsinya seperti GPS.

5. Memilih angkutan umum

Bila Anda ingin terhindar dari kemacetan, solusi yang dapat diambil adalah memilih angkutan umum untuk dijadikan sarana transportasi perjalanan arus balik Anda. Anda bisa menggunakan pesawat, kereta api atau kapal laut yang mungkin akan lebih menghemat waktu. Namun, pemesanan tiket harus dilakukan dari jauh-jauh hari.

Selain lima tips di atas, perlu diperhatikan juga dalah hal disiplin berlalu lintas. Disiplin lalu lintas sangat penting agar mengurangi kecelakaan yang terjadi. Bagi Anda para pengguna jalan, hargailah sesama pengguna jalan agar selamat sampai tujuan. (NR)

Comment di sini