Arus Balik: Waspadai Daerah Rawan Kecelakaan Ini!

by
August 23rd, 2012 at 1:59 pm

tribunnews

CiriCara.com - Arus mudik yang terjadi pada tahun 2012 kemarin terlihat sangat padat. Stasiun, bandara, terminal, hingga  pelabuhan terlihat mendapatkan lonjakan penumpang yang signifikan dari hari biasanya. Lonjakan penumpang terjadi pada H-2 menjelang hari Lebaran yaitu pada tanggal 17 Agustus 2012.

Pada puncak mudik itu, stasiun, bandara, terminal, pelabuhan dipadati oleh para pemudik yang ingin bertemu sanak saudaranya di kampung halaman. Selain itu, ruas jalan yang dilalui para pemudik juga terpantau sangat padat oleh kendaraan pribadi yaitu kendaraan roda dua dan roda empat.

Kepadatan arus mudik mengakibatkan banyak terjadi kecelakaan di beberapa ruas jalan yang dilalui para pemudik, begitu pula dengan arus balik. Potensi kecelakaan arus balik lebih besar karena peningkatan jumlah kendaraan dan arus lalu lintas yang semakin padat.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) sudah menginformasikan beberapa daerah yang rawan kecelakaan seperti, di Kabupaten Cirebon, Slawi, dan Sidoarjo. Di jalur selatan, daerah rawan kecelakaannya meliputi Kabupaten Garut, Banyumas, dan Jember. Selain itu, Kabupaten Majalengka, Boyolali, dan Jombang yang merupakan jalur tengah juga merupakan daerah rawan kecelakaan.

Kepala Posko Operasi Ketupat Lebaran 2012 Korlantas Polri Komisaris Besar Kilat, Purwoyudho mengatakan, “Kabupaten Banyumas dan Jember merupakan daerah yang memiliki jumlah kecelakaan terbanyak.”

Berdasarkan data yang diperoleh, H+1 terdapat 554 kecelakaan dan menewaskan 83 orang di jalur utara sepanjang pulau Jawa. Selain itu di jalur selatan, jalur tengah, dan jalur alternatif yang memiliki jalan berkelok-kelok dan sempit mengakibatkan terdjadinya kecelakaan. Tercatatat 1.364 kasus kecelakaan dan menewaskan 172 orang di daerah ini.

Dikutip dari Kompas.com, hingga kemarin, Rabu 22 Agustus 2012 jumlah korban tewas akibat kecelakaan sudah mencapai 638 orang. Korban luka berat mencapai 994 orang dan luka ringan 3.444 orang.

Arus balik Lebaran lebih rawan kecelakaan, khususnya bagi pengendara sepeda motor. Kondisi fisik mereka lebih lemah dibandingkan ketika berangkat mudik. Arus balik juga biasanya lebih padat mengingat jadwal masuk kerja para karyawan secara bersamaan.

Untuk Anda yang baru akan melakukan arus balik, sebaiknya kenali ruas-ruas jalan rawan kecelakaan. Selain itu, tetap periksa keadaan kendaraan Anda dan kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan pulang. Patuhi terus rambu-rambu lalu lintas agar Anda selamat sampai di rumah. (NR)

 

Comment di sini