CiriCara: Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi

by
August 23rd, 2012 at 1:00 pm

CiriCara.com – Jerawat merupakan hal yang sering membuat khawatir bagi perempuan. Jerawat yang tumbuh terkadang membuat seorang perempuan menjadi tidak percaya diri untuk menjalani aktivitasnya.

Banyak penyebab yang dapat menimbulkan jerawat, seperti kulit terlalu berminyak, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, dan tidak rajin membasuh muka.

Terkadang, perempuan juga menyadari bahwa apabila akan menstruasi atau sedang menstruasi, pasti jerawat itu akan tumbuh di wajahnya. Timbulnya jerawat dipengaruhi oleh ketidakseimbangan androgen yang menyebabkan stres dan memicu timbulnya jerawat.

Untuk menghindarkan timbulnya jerawat pada saat menstruasi, sebaiknya Anda perlu melakukan pencegahan. Berikut yang dikutip dari boldsky:

1. Cuka sari apel

Salah satu penyebab jerawat adalah pecahnya lapisan asam pada kulit. Mantel asam merupakan lapisan tipis pada kulit yang melindungi pori-pori kulit agar tidak terpengaruh oleh bakteri.

Cara pakai cuka sari apel ini yaitu oleskan cuka sari apel yang direndam bersama kapas pada wajah tujuh hari sebelum tanggal menstruasi. Biarkan cuka sari apel mengering pada kulit, lalu ulangi sekali lagi. Lakukan cara ini setidaknya dua hari sekali. Selain itu, cuka sari apel juga berguna untuk membantu mempertahankan kekencangan kulit sehingga penampilan Anda terlihat lebih muda.

2. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon kayu putih merupakan antiseptik yang tangguh untuk menghilangkan bakteri, virus, dan jamur yang menyebabkan jerawat. Untuk mencegah tumbuhnya jerawat pada saat menstruasi, pakailah tea tree oil sebelum dan selama menstruasi. Caranya, tambahkan minyak dengan air, setelah itu dibasuh ke wajah Anda.

3. Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Selain mencegah sariawan, vitamin C juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah karena kulit Anda kering. Maka mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C sangat baik untuk kulit dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kendalikan stres

Stres juga dapat memicu timbulnya jerawat, apalagi stres berlebihan. Untuk Anda yang ingin wajahnya berseri dan bebas jerawat, jauhi pikiran Anda untuk memikirkan hal-hal yang membuat Anda pusing. Semakin Anda stres, semakin banyak jerawat yang akan timbul di wajah Anda.

5. Diet sehat

Manfaat diet selain utuk menjaga berat badan Anda, diet juga dapat mencegah timbulnya jerawat pada saat menstruasi. Lakukanlah diet sehat dengan mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan perbanyaklah minum air putih.

Hindarkan makanan sampah atau junk food karena makanan itu mengandung banyak minyak dan kadar lemak yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan jerawat di wajah Anda.

Walaupun jerawat itu terkadang hilang sendirinya dari wajah Anda, tetapi tetap akan meninggalkan bekas di wajah. Sering-seringlah merawat kecantikan wajah Anda agar ketika menstruasi, wajah akan selalu berseri dan bebas jerawat. (NR)

Comment di sini