CiriCara: Cara Mengatasi Perasaan Ingin Menangis di Kantor

by

CiriCara.com – Anda tentunya pernah mengeluarkan air mata atau menangis. Air mata itu membasahi pipi ketika di saat sedih ataupun senang. Ketika Anda merasa puas dengan hasil yang diperoleh, tak sadar air mata itu akan menetes. Dan di saat mengalami suatu kejadian yang menyedihkan, air mata itupun akan mengalir deras di pipi Anda.

Terlepas dari berbagai alasan yang melatarbelakangi tangisan, aktivitas mengeluarkan air mata ternyata memiliki banyak manfaat baik secara psikologis, sosial, medis, maupun spiritual.

Walaupun terdapat banyak manfaat dari tangisan itu, namun terkadang tangisan tak dapat dihindari. Kita bisa menangis dimana saja seperti di rumah, di jalan, atau di kantor. Menangis di kantor biasanya terjadi karena luapan emosi pada rekan kerja atau stres dengan pekerjaan Anda. Tetapi sering menangis di kantor juga dapat mengesankan Anda orang yang kurang dapat mengatasi masalah dengan bersikap dewasa.

Ada beberapa cara untuk mengatasi perasaan ingin menangis saat di situasi kerja, yaitu:

1. Menangkis air mata

Jika air mata sulit diabaikan dan sudah terlanjur membasahi pipi Anda, hal yang dapat dilakukan adalah menangkisnya. Bila rekan kerja melihat Anda meneteskan air mata, Anda bisa mengatakan sedang alergi atau lensa kontak bergeser dan membuat iritasi pada mata.

2. Menyembunyikan tangisan

Jika Anda kesal dengan rekan kerja dan tidak tahu lagi harus melakukan hal apa, lebih baik menangis. Namun, tangisan itu bisa disembunyikan dengan cara menunduk dan pura-pura menulis atau pergi ke toilet yang mungkin bisa membuat Anda lebih tenang dan bersabar.

3. Tidak datang ke kantor

Trik lain yang dapat Anda lakukan ketika sedang mengalami kekesalan dan membuat Anda ingin menangis adalah lebih baik izin untuk tidak datang ke kantor. Cara ini lebih baik dilakukan untuk menghindarkan gosip dari rekan kerja Anda. Lebih baik di rumah atau pergi ke pusat perbelanjaan untuk menghilangkan rasa kekesalan dan kesedihan itu.

4. Katakan dengan jujur

Apabila ada rekan kerja yang membuat Anda ingin menangis, sebaiknya katakan sejujurnya. Bicarakan secara empat mata dan baik-baik kepadanya, lalu cari solusinya.

Tangisan tidak selalu berarti kerapuhan, kecengengan, atau kelemahan seseorang. Jika tangisan bisa melemahkan seseorang, tangisanpun bisa menguatkan ketegaran seseorang untuk berjuang. menangislah bila hal itu dapat membuat perasaan Anda tenang. (NR)


comments powered by Disqus