Arus Balik: Ribuan Penumpang Serbu Stasiun Jatinegara Besok

by
August 24th, 2012 at 3:30 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Puncak arus balik di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur diprediksikan akan terjadi pada hari Sabtu (25/8) dan Minggu (26/8) besok. Mengingat libur Lebaran akan berakhir pada akhir pekan ini. Sedikitnya akan ada ribuan penumpang di stasiun ini.

Wakil Kepala Stasiun Jatinegara, Weddy mengatakan, meski bukan merupakan stasiun keberangkatan, Stasiun Jatinegara tetap akan jadi stasiun yang padat. Pasalnya, Stasiun Jatinegara merupakan satu-satunya stasiun yang ada di Jakarta Timur.

“Diperkirakan puncak arus balik kereta api yang turun di Stasiun Jatinegara terjadi pada Sabtu malam,” ujar Weddy, Jumat (24/8/2012) seperti dikutip Tribunnews.

Menurutnya puncak arus balik Lebaran ini dipengaruhi karena pada akhir pekan ini libur sekolah akan berakhir. Itu artinya warga Jakarta yang sedang berlibur ke kampung halaman akan kembali pulang ke Jakarta untuk beraktivitas seperti biasa.

Weddy mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun pada Kamis (23/8/2012) kemarin, Stasiun Jatinegara telah kedatangan sekitar 7.383 penumpang. Sementara untuk hari Jumat (24/8/2012) pagi, arus balik penumpang pada pukul 01.30-09.00 WIB tercatat ada 2.393 penumpang dan diperkirakan akan terus meningkat.

Stasiun Jatinegara sendiri menjadi tempat pemberhentian sementara kereta jalur timur. Diantaranya adalah kereta dari Surabaya, Madiun, Malang, dan Purwokerto, baik kelas ekonomi, bisnis, dan juga eksekutif. Dari kereta tersebut banyak penumpang yang turun di Jatinegara karena tempat tinggalnya ada di Jakarta Timur.

Tak heran jika Stasiun Jatinegara sering padat penumpang yang berdatangan dari kota-kota tersebut. Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada lonjakan jumlah penumpang yang signifikan di Stasiun Jatinegara. (YG)

Comment di sini