Arus Balik: Tips Aman dan Sehat Dalam Perjalanan

by
August 24th, 2012 at 2:52 pm

CiriCara.com – Setelah berlebaran di kampung halaman, kini Anda harus kembali lagi ke kota tempat Anda bekerja. Sama seperti arus mudik, Anda harus terlebih dulu mempersiapkan diri untuk arus balik. Apalagi jika Anda akan melakukan perjalanan di saat puncak arus balik Lebaran.

Terhitung sejak Rabu (22/8/2012) sejumlah perusahaan sudah mulai aktif bekerja. Tapi, kebanyakan pekerja akan mulai aktif bekerja pada Senin (27/8/2012). Itu artinya, jalan akan kembali macet saat arus balik terjadi yakni, Sabtu (25/8) dan Minggu (26/8) mendatang.

Agar perjalanan arus balik Anda berlangsung aman dan sehat, ikuti tips berikut ini:

1. Istirahat dan tidur

Sebelum melakukan perjalanan arus balik, ada baiknya Anda melakukan istirahat dan tidur yang cukup. Terutama bagi Anda yang akan bertindak sebagai sopir kendaraan mudik. Kondisi fisik yang lelah bisa membahayakan Anda dan penumpang.

2. Makanan dan minuman

Ada baiknya menyiapkan makanan dan minuman dari rumah. Jika tidak, Anda harus membeli makanan dan minuman yang terjamin kebersihannya. Jangan biarkan Anda terkena diare karena salah makan.

3. Gunakan masker

Tips ini untuk mereka yang berkendara dalam kondisi sakit dan rawan menyebarkan ISPA. Pengendara sepeda motor sangat dianjurkan untuk memakai masker karena rawan terkena asap atau debu jalan yang mengakibatkan penyakit ISPA.

4. Cek kondisi kendaraan

Sebelum berangkat, pastikan sepeda motor atau mobil Anda dalam kondisi yang baik. Perhatikan semua komponen seperti ban, rem, oli, lampu, dan bensin pada kendaraan yang akan dipakai untuk menempuh perjalanan arus balik. Jangan lupa juga untuk memeriksa kebersihan kendaraan demi kenyamanan Anda.

5. Cek barang bawaan

Cobalah untuk membawa barang bawaan seperlunya. Tidak disarankan untuk membawa barang berlebihan. Barang yang banyak akan menambahkan beban pada kendaraan. Ini bisa mengakibatkan ban pecah atau kendaraan rusak.

6. Jumlah penumpang

Pelanggaran jumlah penumpang bisa membahayakan semuanya. Kendaraan yang tidak kuat menampung beban berlebih akan rusak dan rawan kecelakaan. Pelanggaran ini sering terjadi pada bus penumpang.

Jika Anda ingin terhindar dari macet, ada baiknya melakukan perjalanan arus balik jauh hari sebelum puncaknya tiba. Selain bisa hemat waktu, cara ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kecelakaan saat arus balik. (YG)

Comment di sini