CiriCara: Cara Mencegah Kanker Serviks di Usia Dini

by
August 24th, 2012 at 3:37 pm

CiriCara.com – Kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan bagi kaum perempuan. Setiap tahun, terdeteksi lebih dari 15 ribu penderita kanker serviks di Indonesia dan sekitar 8.000 kasus di antaranya berujung pada kematian. Organ kewanitaan merupakan bagian yang rentan terkena berbagai gangguan kesehatan, oleh sebab itu harus dijaga dengan baik.

Sebelum membahas pencegahan kanker serviks, sebaiknya Anda perlu mengetahui dahulu ciri-cirinya seperti, pendarahan pada orang yang telah menjalani menopouse, keputihan berlebihan, dan rasa sakit saat buang air kecil.

Agar terhindar dari kanker serviks, Anda perlu melakukan beberapa pencegahan berikut ini:

1. Tidak melakukan hubungan seksual di usia dini

Menjaga organ kewanitaan sangat penting dilakukan agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini. Perlu diingat bahwa melakukan hubungan seksual di usia dini, apalagi bagi yang belum menikah, akan merugikan diri sendiri.

Selain itu, melakukan hubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan juga dapat menyebabkan kanker serviks.

2. Memelihara kesehatan tubuh

Memelihara kesehatan tubuh juga sangat penting dilakukan yaitu dengan rutin melakukan pap smear dan menghentikan kebiasaan merokok. Anda juga perlu rutin mendatangi dokter kandungan untuk melakukan vaksinasi agar terhindar dari infeksi virus.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, biasakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, buah-buahan, dan berolahraga. Dengan begitu, tubuh Anda akan tidak mudah terkena penyakit, apalagi penyakit yang mematikan.

3. Mengonsumsi sayuran

Sayuran yang berwarna hijau tua dan kuning banyak mengandung beta karoten, vitamin C, dan E  yang sangat baik untuk dikonsumsi. Berbagai sayuran itu seperti, brokoli, wortel, bayam, bawang bombai, dan lain sebagainya.

4. Hati-hati menggunakan toilet umum

Sebelum menggunakan toilet umum, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu bibir kloset dengan alkohol atau siram dengan air bersih yang sudah dicampur dengan sabun, lalu bersihkan dengan tisu kering. Tujuannya adalah agar kuman yang menempel di tempat itu hilang. Jangan sekali-kali Anda bersihkan dengan air kotor.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memaparkan bahwa kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia dan Indonesia memiliki jumlah kasus kanker serviks tertinggi.

Walaupun saat ini sudah ada metode untuk mengobati kanker serviks seperti, pembedahan listrik, laser atau cyrosurgery (membekukan dan membuang jaringan abnormal), namun mencegah lebih baik daripada mengobati. (NR)

Comment di sini