CiriCara SEO: Tips untuk Google Search Engine

by
August 27th, 2012 at 11:02 am

CiriCara.com - Bagi sebagian besar orang yang melek internet, Google merupakan mesin pencari utama yang sering digunakan untuk menemukan informasi di dunia maya. Google telah menjadi semacam Dewa Ganesa di abad ke-21 yang memiliki pengetahuan maha luas.

Melihat kondisi ini, pemilik situs/blog harus benar-benar mengetahui seluk-beluk sistem pencari Google agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Mereka tentu ingin menempatkan blog/situs di halaman pertama Google ketika pengguna internet hendak mencari sesuatu di internet.

Membuat situs/blog tampil di halaman pertama Google memang gampang-gampang susah. Berikut adalah 10 tips SEO bagi Anda, silakan menyimak:

1. Konten adalah segalanya

Hal penting yang paling utama adalah konten. Konten harus selalu mencerminkan seperti apa bisnis yang Anda jalankan agar Google bisa dengan mudah melakukan identifikasi.

2. Lakukan pelokalan

Google gencar melakukan pelokalan hasil pencarian agar bisa lebih relevan. Di Indonesia sendiri, Google baru saja “melokalkan YouTube” bagi pengguna internet Tanah Air. Jadi, jika Anda menargetkan masyarakat di Indonesia, gunakanlah hosting dan alamat IP Indonesia. Perhatikan pula soal wilayah geografis target terkait dengan hasil keyword research yang diaplikasikan.

3. Dominasi nama domain

Nama domain merupakan kunci bagi Anda yang ingin menaikkan peringkat di Google. Dengan menggunakan domain yang menjadi kata umum di masyarakat, peluang untuk menempatkan situs di peringkat atas Google semakin tinggi.

4. Riset kata kunci

Banyak yang menggunakan alat seperti Word-tracker, Keyword Discovery, dan tentu Google itu sendiri untuk menemukan kata kunci atau keyword yang tepat. Kata kunci penting diketahui dan digunakan untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung.

5. Bertukar tautan

Saling bertukar tautan atau yang biasa disebut dengan backlink wajib hukumnya bagi Anda. Namun Anda tidak bisa asal melakukan backlink. Pilih blog/situs lain yang berkualitas. Jika Anda tertarik bertukar tautan dengan CiriCara.com, klik halaman ini.

6. Koding

Perhatikanlah koding yang Anda gunakan. Pastikan kode-kode yang Anda pakai mempermudah Google untuk menampilkannya di halaman hasil pencarian.

7. Kekuatan media sosial

Media sosial memiliki peran yang signifikan dalam perkembangan sebuah situs/blog. Akun Facebook dan Twitter mutlak dimiliki. Namun, yang terpenting adalah keseriusan dan kemampuan Anda dalam mengolah akun di media sosial. Para penghuni dunia maya harus bisa diyakinkan untuk sering mengunjungi situs/blog Anda. Salah satu caranya adalah dengan rutin berkomunikasi baik lewat obrolan, japri, ataupun linimasa.

8. Gambar

Dengan kehadiran tablet dan ponsel pintar berlayar lebar serta berteknologi canggih, keberadaan gambar perlu lebih banyak perhatian. Orang-orang sering lebih tertarik pada gambar daripada tulisan. Namun ketahuilah bahwa Google bisa membaca dan menginterpretasi suatu gambar. Jadi, pastikan semua gambar yang berada di situs/blog Anda tidak menyalahi aturan yang telah ditetapkan.

9. Kompatibilitas

Kini, orang tak melulu berselancar di internet lewat PC/laptop. Dengan tingginya aktivitas di luar ruangan, sebagian besar orang menggunakan alat komunikasi portabel seperti ponsel pintar. Indonesia sendiri dikenal sebagai surganya pemakai ponsel BlackBerry. Pastikan tampilan situs/blog Anda kompatibel dengan tampilan ponsel agar bisa nyaman diakses kapan saja dan di mana saja.

10. Jangan menyerah

Seperti roda, perkembangan bisnis tak selalu berada di atas. Jika Anda sedang menemui jalan buntu akibat anjloknya jumlah pengunjung, jangan lantas berputus asa. Tetaplah bersemangat dan buat jalan baru yang akan membawa Anda keluar dari kegelapan.

Itulah kesepuluh tips untuk Google Search Engine. Semoga berhasil menjalankan tips SEO di atas. (hp)

Comment di sini