Inilah Wilayah Rawan Kebakaran di Jakarta

by
August 27th, 2012 at 11:06 am

Jakarta (CiriCara.com) – Belakangan ini kasus kebakaran di Ibukota semakin marak dan meresahkan warganya. Setidaknya ada 25 kebakaran yang terjadi pada libur Lebaran tanggal 17-22 Agustus 2012 lalu. Karenanya, Anda warga Jakarta diminta untuk waspada.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Paimin Napitupulu menuturkan bahwa ada 56 wilayah di Jakarta yang rawan kebakaran. Ia mengimbau warga yang berada di lokasi tersebut untuk waspada.

Seperti yang dilansir Kompas, berikut wilayah-wilayah di Jakarta yang rawan kebakaran:

1. Jakarta Pusat: Tanah Tinggi, Galur, Kebon Kosong, Karang Anyar, Kebon Melati, Kebon Kacang, Jati Bunder, dan Kramat

2. Jakarta Barat: Krendang, Kali Anyar, Jembatan Besi, Tambora, Duri Utara, Tangki, Jelambar Raya, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Palmerah Barat, Kapuk, Cengkareng, Semanan, dan Kalideres.

3. Jakarta Selatan: Manggarai Selatan, Manggarai, Bukit Duri Selatan, Pejaten Timur, Mampang Prapatan, Cipete Utara, Gandaria Utara, Kebayoran Lama Utara, Petukangan Utara, Petukangan Selatan, Grogol Utara, Karet Belakang, dan Pancoran.

4. Jakarta Timur: Jatinegara Kaum, Kayu Manis, Lubang Buaya, Halim, Kampung Makasar, Kebon Pala, Kramat Jati, Kampung Tengah, Susukan, Ciraca, dan Gedong.

5. Jakarta Utara:  Penjaringan, Kamal Muara, Kapuk Muara, Pademangan Barat, Cilincing, Kali Baru, Sukapura, Warakas, Kebon Bawang, dan Koja.

Salah satu wilayah yang dianggap paling rawan kebakaran adalah Tambora, Jakarta Barat. Di mana pada Jumat 24 Agustus 2012 lalu telah terjadi kebakaran sekitar pukul 03.45 WIB. Kebakaran tersebut menghanguskan lima RT di Kelurahan Tanah Sereal.

Menurut Paimin, penyebab kebakaran di wilayah tersebut sebagian besar diakibatkan oleh padatnya penduduk dan sistem instalasi listrik yang tidak sesuai. Sehingga sering terjadi arus pendek listrik yang bisa menimbulkan percikan api.

Bagi Anda yang tinggal di wilayah rawan kebakaran tersebut diminta untuk lebih waspada. Perhatikan lagi instalasi listrik yang Anda terapkan, apakah sudah benar atau belum. Mintalah tenaga ahli untuk memasang atau mengecek instalasi listrik di rumah Anda agar lebih aman.

(YG)

Comment di sini