Mobil Pemadam Telat, Warga Muara Baru Padamkan Api Sendiri

by
August 27th, 2012 at 1:28 pm

Ilustrasi

Jakarta (CiriCara.com) – Seperti yang sudah diketahui bahwa kebakaran kembali melanda perumahan penduduk di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Senin (27/8/2012). Beruntung, api tidak menjalar lebih jauh karena warga dengan sigap mematikannya.

Kebakaran ini terjadi di RT 17 RW 17 Muara Baru sekitar pukul 09.30 WIB pagi tadi. Menurut salah seorang warga bernama Toni, api berasal dari lantai dua rumah milik Nurlela. Diduga kebakaran ini terjadi akibat korsleting listrik. “Semacam kabel saklar menyalakan api terus,” tutur Toni kepada Kompas, Senin (28/8/2012).

Toni menuturkan bahwa api dari rumah Nurlela langsung membesar dan menjalar ke rumah tetangganya di samping kiri dan kanan. Namun, warga yang melihat api tersebut dengan sigap langsung melakukan upaya pemadaman seadanya agar kebakaran tidak menyebar.

Ia menuturkan bahwa api sudah berhasil dipadamkan warga sebelum petugas pemadam kebakaran datang. “Dengan mengambil air yang berasal dari rumah masing-masing pakai ember dan lain-lain. Akhirnya api berhasil dipadamkan,” ujar Toni.

Tak lama setelah api berhasil dipadamkan warga, barulah dua mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Alhasil, petugas pemadam kebakaran hanya membantu mendinginkan sisa api agar tidak ada kemungkinan menyala kembali.

Akibat kebakaran ini tiga rumah hangus terbakar (sebelumnya diberitakan satu rumah hangus terbakar). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, kabarnya ada seorang warga yang mengalami luka sobek di bagian tangan karena tertimpa atap asbes.

Menurut Toni, kesigapan warga Muara Baru dalam menangani kebakaran ini tidak lepas dari kewaspadaan masing-masing. Setelah mengetahui belakangan ini Jakarta rawan kebakaran, warga Muara Baru terus meningkatkan kewaspadaan mereka. (YG)

Comment di sini