Waduh! Peneliti Temukan Penyakit Mirip AIDS

by
August 27th, 2012 at 3:48 pm

Atlanta (CiriCara.com) – Sebuah penelitian di Amerika berhasil menemukan sebuah penyakit baru yang gejalanya mirip penyakit AIDS. Sejatinya penyakit ini sudah muncul sejak 2004 lalu dan sudah menyerang beberapa orang di Amerika dan juga Asia.

Meski mempunyai gejala seperti AIDS, dokter dan peneliti tidak yakin bahwa penyakit ini berawal dari virus HIV. Pasalnya, ada beberapa dampak yang berbeda dari penyakit AIDS dengan penyakit yang baru ditemukan ini.

Pertama, penyakit baru ini tak pindah antarmanusia melalui virus layaknya HIV. Alasan kedua, virus HIV secara spesifik menyerang sistem kekebalan tubuh dan sangat cepat membunuh sel T. Namun penyakit baru ini tidak melakukan hal itu.

Layaknya penyakit AIDS, penyakit baru ini juga menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya. Hanya saja reaksinya tidak secara langsung dan terjadi dalam kurun waktu yang lama mengikuti perubahan usia penderita. Saat bereaksi, penderita tidak akan bisa lagi menangkis penyakit yang masuk dalam tubuhnya sehingga terjadi infeksi besar-besaran.

Karena itu, Gwinnett Daily Online menuliskan bahwa “penyakit ini adalah jenis lain dari Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).” Penyakit mirip AIDS ini sering menyerang orang dewasa namun tidak menurun ke anak seperti AIDS.

Peneliti mengungkapkan bahwa penyakit mirip AIDS ini sering menyerang mereka yang berusia di atas 50 tahun. Biasanya penyakit ini hanya akan dialami oleh satu orang dalam sebuah keluarga. Tidak ada penularan atau penurunan penyakit ke generasi si pasien.

Sebagian besar pengidap penyakit mirip AIDS ini tersebar di Asia. Namun, mengenai jumlah pastinya belum bisa disebutkan karena masih banyak yang belum tahu penyakit baru ini. Kebanyakan dokter mengira pasien meninggal karena penyakit lain.

Salah satu pengidap yang berhasil diketahui adalah seorang perempuan asal Vietnam yang sempat tinggal di Amerika. Sekitar pertengahan 2009, ia mengalami demam berkesinambungan serta infeksi. Saat itu ia sudah berusia 62 tahun.

Gejala yang terjadi pada perempuan ini adalah infeksi yang menyerang tulang dan berat badan turun drastis. Dari 45 kilogram menjadi 31 kilogram dalam waktu yang singkat. Meski belum diketahui secara pasti, peneliti yakin perempuan ini mengidap penyakit mirip AIDS.

(YG)

Comment di sini