CiriCara: Cara Agar Tidak Bangkrut Hidup di Jakarta

by
August 28th, 2012 at 8:57 am

CiriCara.com – Kota Jakarta biasanya dilihat orang yang tinggal di pedesaan adalah kota yang megah, elite, dan sangat menjamin terpenuhinya kebutuhan. Pandangan mengenai Jakarta tersebut membuat mereka ingin menetap dan mencari sesuap nasi di kota ini.

Sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang DKI Jakarta selama tahun 2011 hingga 2030, kota Jakarta hanya sanggup menampung 12,5 juta jiwa. Dan bayangkan bila penduduk Jakarta sudah mencapai 12 juta, tentunya akan sangat padat. Walaupun angka urbanisasi menurun pada tiap tahunnya, namun tetap saja masih ada yang berdatangan ke Jakarta.

Tidak semua orang yang merantau ke Jakarta menjadi orang yang sukses. Ada juga mereka yang hanya mejadi pengemis jalanan, pembantu rumah tangga, pedagang di pinggir jalan, dan lain sebagainya yang hidup serba pas-pasan karena tidak siap untuk hidup di kota besar ini. Agar terhindar dari kondisi tersebut, Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan untuk bisa menjadi orang yang sukses di Jakarta.

Head of Marketing & Corporate Communications PT CIMB Sun Life, Nadya Siregar mengatakan bahwa masa depan yang cerah amat ditentukan dengan pola pengaturan keuangan orang itu sendiri dan pola disiplin adalah kunci utama dalam upaya mengatur perencanaan keuangan sehingga bisa menghasilkan masa depan yang cerah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tidak bangkrut hidup di Jakarta, yaitu:

1. Rajin Menabung

Berbagai jenis pekerjaan apa pun yang sedang Anda jalani saat ini, pastinya akan mendatangkan uang. Dari uang yang Anda dapat, sisihkan sebagian uang untuk ditabung. Tujuannya adalah agar Anda mempunyai uang di masa depan. Nadya mengatakan,”Individu yang memiliki penghasilan tetap jauh lebih siap untuk menabung daripada yang tidak.”

2. Cermat menggunakan uang

Jangan biasakan diri Anda untuk hidup konsumtif. Gaya hidup seperti ini biasanya akan menyebabkan banyaknya pengeluaran tak terduga dan akhirnya mengesampingkan perencanaan keuangan. Mulai saat ini, cermatlah menggunakan uang. Bila perlu, catat berbagai kebutuhan pokok Anda perbulannya, tujuannya adalah untuk menghindari pemborosan.

3. Berinvestasi

Berinvestasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan bila saat ini Anda memiliki modal yang cukup. Mulailah dengan membuka usaha yang kecil-kecil dahulu seperti, menjual pulsa, membuka warung makan, membuka toko pakaian, dan lain sebagainya. Namun menurut Nadya, ada 3 bentuk investasi yang paling diminati masyarakat antara lain emas, properti, dan reksa dana. Dengan berinvestasi, tentunya akan menjamin kehidupan Anda untuk ke depannya.

Berbagai cara di atas tentunya bisa Anda lakukan bila ingin tetap berada di Jakarta dan meraih kesuksesan. Jangan hanya ada niat pada diri Anda, lakukan dan bergeraklah agar hidup Anda menjadi lebih baik. (NR)

Comment di sini