CiriCara: Cara Memilih dan Merawat Jeans Agar Tetap Awet

by
August 28th, 2012 at 8:49 am

CiriCara.com – Seiring dengan lamanya pemakaian, celana jeans yang Anda miliki, terkadang terlihat kusam dan lama-kelamaan bahan jeans akan menipis. Namun, kedua hal itu tidak akan terjadi bila Anda merawatnya dengan benar.

Dilansir The Wall Street Journal, Chiara memberikan tips merawat jeans agar tetap awet yaitu mencuci jeans dengan merendamnya ke dalam bathtub sedalam 15 cm, lalu menambahkan 2 sendok makan sabun cair.

Kemudian, jeans direndam dalam posisi mendatar selama 20 menit. Setelah itu, ia menggantung jeans dan membiarkannya hingga mengering. Jeans tidak digilas dan diperas. Dengan cara ini jeans lebih awet tanpa harus dicuci setiap minggunya.

Itu hanyalah salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan, namun masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan menurut para pengamat fashion. Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

1. Pilih jeans dengan bahan berkualitas

Jeans yang dijual di berbagai toko tentunya memiliki bahan yang berbeda-beda, tergantung dari mereknya.  Loren Cronk, pemilik toko jeans di Brooklyn, New York City mengatakan,”Apabila bagian dalam jeans terdapat jahitan berwarna dan tepinya ditenun, maka barang tersebut merupakan barang vintage yang lebih awet dari jeans buatan saat ini.”

Jegging yang sedang ngetren saat ini juga tidak tahan lama. Untuk itu, pilihlah jeans yang menggunakan jahitan dengan teknik tenun. Walaupun harganya sedikit mahal, namun harga tidak pernah bohong.

2. Bersihkan yang terkena noda terlebih dahulu

Celana jeans tidak harus selalu dicuci seluruhnya. Bersihkan saja pada bagian yang terkena noda untuk mencegah perubahan bentuk pada jeans. Bila terdapat noda yang sulit dibersihkan, Chiara menyarankan untuk menggunakan cairan pembersih kaca. Selain itu, gunakanlah sabun cuci tangan untuk menjaga area di belakang resleting agar tetap bersih dan wangi.

3. Bila dicuci, balik bagian dalamnya

Warna jeans terkadang memudar. Untuk mencegahnya, balik bagian dalamnya ke luar bila akan dicuci. Gunakan air bersuhu ruangan untuk mencucinya. Untuk melindungi warna jeans, cara lain yang dapat digunakan yaitu menambahkan sedikit cuka pada saat direndam.

4. Lebih baik tidak menggunakan sabun bila dicuci

Bila Anda terlalu sering mencuci jeans dengan sabun, maka dapat membuat jeans rusak. Apabila ingin menggunakan deterjen, pakailah deterjen ramah lingkungan yang tidak menggunakan bahan pemutih.

5. Perhatikan cara pengeringannya

Jeans kerap kali rusak akibat salah mengeringkannya. Bila Anda salah mengeringkannya di pengering mesin cuci, maka dapat merusak bentuk jeans. Pastikan pengering diatur dengan volume yang rendah.

Jika jeans yang Anda pakai ingin selalu terlihat tampak baru walaupun sudah lama membelinya, sebaiknya cara di atas patut dicoba. Warna jeans yang pudar dan bahan jeans yang kusut terkadang membuat penampilan seseorang menjadi tidak percaya diri, untuk itu rawatlah jeans Anda sebaik mungkin. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini