CiriCara: Cara Mencegah Munculnya Noda hitam di Wajah

by
August 28th, 2012 at 5:14 pm

CiriCara.com – Bukan hanya jerawat yang dapat membuat seorang perempuan menjadi tidak percaya diri, namun adanya noda hitam di wajah pun bisa membuat perempuan seperti itu.

Noda hitam dengan ukuran besar atau dalam dermatologi diberi nama hiperpigmentasi terjadi karena adanya sel melanosit yang memproduksi pigmen atau melamin secara berlebihan. Selain itu, hiperpigmentasi juga dapat membahayakan kulit, seperti adanya kerutan, penuaan dini, kulit menjadi sangat sensitif, dan yang mengerikan adalah tumor kulit.

Jangan anggap sepele bila terdapat noda hitam yang ada di wajah Anda. Karena noda hitam merupakan tanda awal terkena hiperpigmentasi atau gangguan pigmentasi kulit di mana sebagian warna kulit berubah menjadi gelap . Dr. Abraham Arimuko. Sp.KK memberikan tips untuh mencegah hiperpigmentasi. Berikut 4 tipsnya:

1. Menghindari penyebabnya

Penyebab terjadinya hiperpigmentasi adalah terlalu lama berada di bawah sinar matahari, terjadi peradangan, dan cedera pada kulit. Untuk menghindari beberapa penyebab tersebut, jangan salah memilih kosmetik. Selain itu, faktor genetik juga menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi.

2. Melakukan perawatan yang benar dengan rutin

Memakai kosmetik seperti bedak, blush on, eye shadow, dan alat kosmetik lainnya perlu diperhatikan. Jangan asal membeli peralatan dandan tersebut karena dapat menyebabkan kulit Anda iritasi. Perlu diingat juga bahwa Anda harus segera membersihkan wajah setelah menggunakan kosmetik secara rutin.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Bila sering mengonsumsi makanan sehat, maka banyak bermanfaat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah mencegah flek atau noda hitam di wajah dan menunda proses penuaan dini pada kulit. Makanlah buah-buahan yang memiliki kandungan tertentu yang berguna untuk kulit.

4. Konsultasi ke dokter kulit

Apabila noda hitam tak kunjung hilang dan justru semakin banyak muncul di wajah Anda, segeralah pergi ke dokter kulit. Konsultasikan dengannya agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Hiperpigmentasi disebabkan oleh kerusakan kulit akibat sinar matahari, peradangan, atau cedera kulit lainnya. Orang-orang yang memiliki kulit lebih gelap dari orang Asia atau orang yang tinggal di Benua Afrika, lebih rentan terhadap hiperpigmentasi. Pada umumnya, hiperpigmentasi menyerang bagian pipi, dahi, bibir bagian atas, hidung, dan dagu. (NR)

Comment di sini