CiriCara: Pengaturan Lengkap Password Blackberry

by
August 28th, 2012 at 10:47 am

Jakarta (CiriCara.com) - Smartphone Blackberry didesain dengan segala fitur yang menjaga data Anda tetap aman. Sebuah password pada Blackberry merupakan landasan dari segala fitur keamanan yang telah dibuat, bukan sekadar menjaga agar keluarga tidak bisa membaca privasi di inbox SMS atau Blackberry Messenger (Bbm).

Sebelum mulai berbicara tentang bagaimana cara membuat password pada Blackberry. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan yang paling penting adalah: jika Anda lupa, maka tidak ada cara untuk memperoleh kembali password yang telah dibuat. Kegagalan memasukkan kata sandi dapat membuat semua informasi personal dihapus oleh fitur keamanan (security-wiped). Namun, Anda juga dapat mengatur berapa kesempatan yang diberikan saat memasukkan password.

Mungkin terdengar sedikit menakutkan. Namun, sepertinya risiko yang dihadapi sebanding dengan nilai dari sesuatu yang disebut “privasi”. Tentunya kita semua tidak ingin segala informasi personal jatuh ke tangan yang salah.

Poin tersebut membawa kita ke langkah pertama membuat password yaitu Back Up. Menyimpan privasi di tempat yang aman bukanlah sesuatu yang buruk. Jadi, lakukan Back Up dan simpan di tempat aman seperti Personal Computer (PC) atau ke dalam kartu memori (umumnya berbentuk Micro SD).

Selesai Back Up, kita bisa langsung men-set up password. Caranya mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Cari dan pilih “Option”, biasanya terletak di layar depan atau di dalam folder
  • Pilih “Security” lalu “Password”
  • Ubah pilihan Password menjadi “Enabled” kemudian pilih “Set Password”
  • Masukkan password yang personal namun mudah diingat.
  • Tekan Menu (tombol Blackberry) kemudian pilih “Save”

Password Settings
Kita bisa mengatur bagaimana smartphone kita beroperasi dengan menggunakan password. Di sini ada beberapa pilihan seperti:

Number of Security Attempts
Fungsi ini mengatur berapa banyak kesempatan yang diberikan saat memasukkan password. Jika Anda pelupa, sebaiknya ambil pilihan terbanyak.

Security Time out or Lock After
Menentukan berapa lama smartphone mulai mengunci ketika tidak sedang digunakan.

Prompt on Application Install
Jika pilihan ini diaktifkan, kita akan diminta untuk memasukkan password setiap kali menginstall aplikasi atau permainan.

Allow Outgoing Calls While Locked
Mengaktifkan pilihan ini membuat seseorang dapat menggunakan telepon sebatas untuk membuat panggilan tanpa harus memasukkan password. Sangat berguna dalam keadaan darurat seperti –mudah-mudahan tidak terjadi– saat Anda mengalami kecelakaan di jalan.

Lock Handheld Upon Holstering
Jika Anda memiliki sarung pelindung (Holster) orisinil merk Blackberry. Mengaktifkan pilihan ini membuat smartphone Anda mengunci otomatis ketika dimasukkan ke dalam sarung pelindung.

Catatan: Jika Anda melihat lambang kunci di sebelah pilihan-pilihan yang tersedia. Itu menandakan ada masalah mengenai IT Policy. Masalah ini hanya dapat diatasi dengan mengunjungi Blackberry Service Center.

Semoga berhasil, simak juga tips untuk merawat Blackerry dalam performas yang baik. (dd)

Comment di sini