Ini 3 Akibat Sering Memencet Jerawat

by
August 28th, 2012 at 2:06 pm

CiriCara.com – Jerawat yang tumbuh di sekitar wajah, terkadang membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Jerawat diproduksi oleh minyak alami pada kulit yang terjebak di bawah permukaan kulit yang sebelumnya bercampur dengan sel-sel kulit mati dan membentuk sumbatan yang disebut komedo.

Adanya jerawat yang tumbuh terkadang membuat Anda gemas untuk menghilangkannya dengan cara memencet jerawat itu. Dengan memencet jerawat ternyata bisa meninggalkan bekas hitam di wajah. Jeanine B. Downie, MD, direktur Image Dermatology di Montclair, NJ berkata, “Memencet jerawat bukan solusi yang tepat untuk menghilangkan jerawat karena tidak akan membuatnya hilang dan malah memperparah kondisi.”

Bila Anda sering memencet jerawat yang ada di wajah, akan berdampak pada kulit wajah. Berikut dampaknya:

1. Terjadinya infeksi

Ketika memencet jerawat, artinya Anda memaksa kotoran tersebut keluar sehingga dapat merobek kulit. Saat Anda menekan area yang ada jerawatnya, sebenarnya Anda sedang memindahkan kotoran dan bakteri dari jari tangan ke wajah dan jerawat. Hal ini yang bisa membuat terjadinya infeksi pada kulit.

2. Meninggalkan bekas luka di wajah

Bakteri propionibacterium acnes adalah bakteri yang menyebabkan jerawat, bakteri ini cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat. Selain itu, bakteri juga menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi di daerah sekitarnya.

Kelenjar akan terus membengkak dan mungkin akan pecah, kemudian menyebabkan radang ke kulit dan meninggalkan bekas luka seperti bekas cacar. Tidak hanya itu, terkadang bekas jerawat juga menimbulkan noda hitam di wajah yang semakin membuat Anda tidak percaya diri.

3. Menambah jerawat

Ada yang beranggapan bila memencet jerawat, maka jerawat akan segera kempis dan hilang. Padahal, memecahkan jerawat sembarangan dengan tangan yang tidak bersih, bakteri akan semakin terdorong masuk ke dalam kulit. Akibatnya jerawat bertambah parah dan menyebar ke area wajah lainnya.

Apabila ingin membersihkan wajah dari jerawat, maka kunjungilah dokter kulit. Di sana, mereka akan membersihkan wajah Anda sesuai prosedur, seperti mensterilkan peralatannya, mengenakan sarung tangan, dan membersihkan area yang berjerawat dengan alkohol sebelum memencetnya.

Selain itu, agar jerawat tidak banyak tumbuh di wajah Anda, sebaiknya cegah dengan banyak minum air putih, membersihkan wajah, memakai pelembap, memakai vitamin wajah, dan lain sebagainya. (NR)

Comment di sini