CiriCara: Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

by
August 28th, 2012 at 3:54 pm

CiriCara.com – Selama bulan Ramadan tercatat 166 kasus kebakaran yang terjadi di Jakarta. Kebakaran itu terjadi di Jakarta Pusat sebanyak 17 kali, Jakarta Utara 27 kali, Jakarta Barat 36 kali, Jakarta Selatan 35 kali, dan paling tinggi di Jakarta Timur yaitu 51 kali.

Kebakaran yang terjadi pada hari Senin (27/8/2012) di kawasan Muara Baru Penjaringan, Jakarta Utara, disebabkan karena adanya korsleting listrik. Si jago merah habis melalap dua lantai rumah itu dan untungnya, tidak ada korban akibat kebakaran ini.

Kebakaran yang sering terjadi di Jakarta, salah satu faktornya adalah akibat dari korsleting listrik. Korsleting listrik itu juga terjadi karena faktor kelalaian manusia. Untuk mencegah terjadinya kebakaran di rumah, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini:

1. Waspada rokok

Untuk Anda yang perokok aktif, sebaiknya tidak membuang putung rokok sembarangan. Pastikan rokok mati total sebelum Anda membuangnya ke tempat sampah. Akan bahaya bila Anda membuangnya masih dalam keadaan api menyala.

2. Waspada pada alat penerang yang memiliki api

Alat penerangan yang memiliki api, seperti lilin, lampu tempel dan obat nyamuk jangan diletakkan sembarangan. Hindari meletakkan alat penerang di tempat yang dekat dengan barang-barang yang mudah terbakar, seperti sofa, tempat tidur, barang-barang yang terbuat dari kayu, dan lain sebagainya.

3. Jauhkan benda-benda berapi dari anak-anak

Anak-anak terkadang gemar bermain petasan atau kembang api. Apabila mereka sedang bermain dengan benda-benda tersebut, maka orang tua harus mengawasinya. Selain itu, awasi pula anak-anak jika mereka menggunakan kompor gas, kompor minyak, setrikaan, dan benda berapi lainnya.

4. Merawat Alat-alat listrik

Di rumah Anda tentunya terdapat barang-barang elektronik yang terhubung langsung dengan listrik, seperti televisi, kulkas, pemanas nasi, komputer, dan lain sebagainya. Hindari untuk menghubungkan barang-barang tersebut pada satu stop kontak, karena akan mengakibatkan korsleting listrik.

Selain itu, perhatikan juga kabel-kabel yang terhubung dengan stop kontak. Apabila serabut-serabut di dalam kabel banyak yang putus, maka dapat membahayakan Anda. Untuk itu, rawatlah alat-alat listrik yang ada di rumah Anda agar tidak terjadi kebakaran.

5. Hindari mencuri listrik PLN

Terkadang ada warga Jakarta yang nakal untuk mencuri listrik PLN. Mereka memutuskan beberapa jaringan listrik di rumahnya agar tidak tersambung dengan jaringan PLN sehingga biaya yang dikeluarkan hanya sedikit untuk membayar tagihan listrik. Hal ini perlu dihindari karena bisa memicu terjadinya korslet listrik dan mengakibatkan kebakaran.

6. Melakukan pembinaan dan sosialisasi kebakaran

Sangat diperlukan untuk memberikan penyuluhan kepada anggota keluarga dan warga sekitar mengenai penanganan bencana kebakaran yang bisa terjadi di mana dan kapan saja. Beri tahu apa yang harus dilakukan ketika ada kebakaran. Selain itu, beri tahu mereka nomor telepon polisi dan pemadam kebakaran lokal maupun pusat.

Berbagai hal yang menyebabkan kebakaran bisa saja terjadi di rumah. Untuk mencegahnya, disarankan agar memulai dari diri Anda dengan melakukan tips di atas. Kurangi musibah yang melanda kota Jakarta demi kenyamanan kita semua. (NR)

Comment di sini