Acara BBC Dituding Menghina Islam [Video]

by
August 29th, 2012 at 11:10 am

BBC/Jack Barnes/Daily Mail

CiriCara.comBBC One meluncurkan episode pertama dari serial komedi yang berjudul Citizen Khan. Tayangan perdana dari komedi yang bernuansa Islami ini disiarkan pada Senin (27/08/12) pukul 10 malam waktu setempat.

Serial komedi ini diciptakan oleh Adil Ray, seorang yang menganut agama Islam Pakistan. Sayangnya, serial komedi yang baru ditayangkan ini malah menimbulkan 200 komplain dari berbagai pihak. Banyak pihak yang angkat bicara menyatakan bahwa diri mereka tidak setuju dengan disiarkannya acara komedi ini.

Pihak-pihak yang kontra terhadap penayangan Citizen Khan ini mengatakan kalau beberapa adegan dalam serial tersebut menghina Islam dan juga menganggap remeh norma-norma Muslim yang ada.

Salah satu adegan yang membangkitkan amarah para penontonnya adalah saat putri Khan dengan tergesa-gesa memakai jilbabnya dan membuka Al-quran ketika ayahnya masuk ke dapur. (Adegan ini dapat dilihat pada video Youtube pada menit ke 2:56).

Hal ini dinilai merendahkan Islam karena adegan membuka Al-quran dan memasang jilbab dengan tergesa-gesa itu, dipandang sebagai perilaku yang tidak menghormati norma dan kitab suci agama.

Salah seorang penonton menuliskan pesan di messageboard milik BBC seperti ini: “This is Terrible stereotyping, ignorant, and just dreadful” (Ini adalah stereotip yang parah, acuh tak acuh dan mengerikan). Sedangkan, penonton lain menuliskan, “HIGHLY disappointed especially when her father walks in and she dis-respectfully opens the Koran” (Sangat mengecewakan, khususnya ketika ayahnya masuk ke dapur dan dia membuka Al-quran dengan sangat tidak sopan).

Akan tetapi, juru bicara dari BBC mengatakan bahwa meskipun banyak kontroversi yang terjadi setelah disiarkannya serial komedi Islami, Citizen Khan ini, acara santai ini tetap terbilang sukses dengan 3,6 juta penonton saat penyiaran perdananya.

Selain itu, juru bicara BBC juga menambahkan kalau munculnya reaksi yang berbeda-beda pada sebuah tayangan komedi baru adalah hal yang lumrah terjadi.

Sebenarnya, dibuatnya serial komedi bernuansa Islam ini bertujuan agar kaum Muslim dapat menertawakan diri mereka dan bersikap santai menanggapi lelucon pada setiap adegannya karena adegan-adegan dalam serial komedi ini bukanlah adegan yang tidak pernah terjadi dalam kehidupan sehari-hari, malah mungkin sering dilakukan dalam keseharian.

Bagaimana pendapatmu mengenai kasus kontroversi ini?

Jika Anda penasaran dengan episode pertama Citizen Khan yang baru saja tayang perdana, berikut ini adalah video serial komedi tersebut.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini