Anak 8 Tahun Mendadak Kaya Gara-gara Muntahan Paus Senilai 600 Juta

by
August 29th, 2012 at 4:56 pm

Daily Echo/Huffington Post

Bournemouth (CiriCara.com) – Pernahkah Anda menduga kalau muntah ikan Paus dihargai sangat mahal? Itulah yang ditemukan oleh seorang anak laki-laki yang tinggal di Bournemouth, Britania Raya.

Anak yang beruntung ini adalah Charlie Naysmith (8). Ketika dia sedang berjalan-jalan di pinggir pantai Hengistbury Head, dia melihat sebuah bongkahan cukup besar yang menyerupai batu. Bentuknya yang tidak rata dan berwarna kuning-keemasan membuat Charlie berpikir ini adalah jenis bebatuan yang hanya dapat ditemukan di pantai.

Akan tetapi, Charlie dan orangtuanya tidak cepat mengambil keputusan begitu saja, mereka justru meneliti bongkahan unik tersebut.

Ternyata, itu bukanlah batu melainkan muntah ikan Paus Sperma yang sudah mengeras karena sudah lama terkena paparan sinar matahari dan zat garam dari air laut.

Faktanya, muntahan Paus Sperma ini banyak dicari oleh para pembuat parfum karena kandungan kimia di dalamnya mampu membuat aroma parfum bertahan lebih lama.

Selain itu, limbah pembuangan yang dihasilkan ikan paus juga sering diperjual-belikan. Harga 500 gr kotoran/limbah paus bisa mencapai 10.000 dollar Amerika atau sekitar 95.300.000 rupiah.

Sedangkan, untuk ukuran bongkahan muntah paus yang ditemukan Charlie, harganya ditaksir bisa mencapai 63.000 dollar Amerika (600.390.000 rupiah). Dengan nominal yang sangat besar itu, Charlie bisa menjadi jutawan cilik mendadak, hanya karena ketidak-sengajaannya menemukan muntahan ikan paus sperma tersebut.

Namun, seperti yang dilaporkan oleh AsianTown.net, sang ayah, Alex Naysmith, tidak akan terburu-buru menjual temuan langka tersebut. Keluarga ini masih menunggu beberapa informasi tambahan dari ahli biologi kelautan.

Apa yang akan dilakukan keluarga ini jika bongkahan muntah paus tersebut berhasil terjual sesuai dengan harga yang sudah diperkirakan tersebut? (yk)

Huffington Post

Comment di sini