Bulan Biru Akan Hiasi Langit Akhir Pekan

by
August 29th, 2012 at 9:58 am

Jakarta (CiriCara.com) - Akhir pekan tanggal 31 Agustus mendatang langit akan dihiasi oleh datangnya bulan biru atau biasa disebut Blue Moon. Salah satu fenomena langit ini memang tidak dikategorikan kejadian langka. Namun, tetap saja menarik untuk ditunggu.

Apa yang dimaksud dengan blue moon? Menurut Thomas Djamaluddin, Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), blue moon merupakan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan. Bulan penuh pertama terjadi pada 2 Agustus lalu, sedangkan yang kedua akhir pekan nanti.

Sedangkan penggunaan nama blue moon masih belum jelas asal-usulnya karena pada dasarnya fenomena tersebut tidak membuat bulan tampak berwarna biru. “Blue moon itu tidak punya makna fisis. Hanya istilah yang tidak jelas asal-usulnya. Saya kira nggak ada maknanya…” ujar Thomas seperti dikuip dari Detikcom.

Thomas menambahkan, menurut hitungan, fenomena ini terjadi setiap 2 atau tiga tahun sekali. Pendapat ini senada dengan MSN yang melaporkan bahwa blue moon terjadi setiap 2,7 tahun sekali. Ini berarti blue moon selanjutnya akan terjadi pada Juli 2015.

Pada dasarnya, bulan berwarna kebiruan akan terlihat jika purnama diselimuti banyak debu angkasa. Dalam keadaan terselimuti debu tersebut, bulan tampak berwarna biru jika dilihat dari Bumi. Contoh peristiwa bulan biru yang terkenal adalah ketika terjadi kebakaran hutan yang hebat di Kanada pada 1950 dan letusan gunung Pinatubo di Filipina pada Juni 1991. (dd)

Comment di sini