CiriCara: Cara Jitu Memilih Kartu Kredit

by
August 29th, 2012 at 1:34 pm

CiriCara.com – Kartu kredit kian menjamur di kota-kota besar. Penawaran kartu kredit yang dikelola berbagai bank, sangat mudah menggiurkan masyarakat untuk memakainya. Penawaran kartu kredit itu biasa ditemui di pusat perbelanjaan, gedung-gedung besar, surat yang didatangkan ke rumah, serta telepon.

Penawaran yang dilakukan oleh perusahaan penerbit kartu kredit tersebut sebenarnya memiliki satu alasan saja yaitu hanya menginginkan uang Anda. Untuk itu, jangan biarkan siapapun mendikte apa yang harus Anda lakukan.

Bila Anda ingin menggunakan kartu kredit, sebaiknya Anda harus cermat memilih kartu kredit mana yang tepat. Tujuannya adalah agar Anda tidak dirugikan oleh perusahaan tersebut. Jika tidak hati-hati, maka Anda akan terjerat hutang dan dikejar-kejar oleh tukang tagih.

Agar tidak dirugikan oleh perusahaan kartu kredit tersebut, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini:

1. Pilih jaringan yang sudah diakui

Dalam memilih kartu kredit, pilihlah kartu kredit yang memiliki jaringan dan otorisasi yang sudah diakui seluruh dunia. Biasanya perusahaan penerbit kartu kredit memperlihatkan level bonafiditasnya di tingkat Internasional. Selain itu, pilih juga kartu kredit yang sudah lama menerbitkan kartu kredit.

2. Perhatikan tingkat bunga pinjamannya

Iuran tahunan dan suku bunga kartu kredit berbeda dari satu perusahaan kartu kredit yang satu dengan yang lainnya. Annual Percentage Rate (APR) atau tingkat bunga pinjaman yang dibebankan harus diperhatikan. Biasanya setiap perusahaan penerbit kartu kredit, membebani APR yang berbeda pada setiap transaksi pembelian, penarikan tunai, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda harus mengetahui besarnya APR pada setiap penerbit kartu kredit.

Terkadang ada penerbit kartu kredit yang menawarkan suku bunga lebih rendah. Perlu diketahui bahwa suku bunga itu tidak untuk selamanya, melainkan hanya dalam jangka waktu tertentu saja. Untuk itu, jangan mudah tergiur dengan penawaran tersebut.

3. Perhatikan pelayanannya

Pilih kartu kredit yang memberikan Anda kemudahan dalam pelayanannya, seperti layanan informasi, pengaduan, penyelesaian masalah, dan kemudahan pembayaran selama 24 jam. Apabila penerbit kartu kredit memberikan pelayanan yang memudahkan Anda, maka Anda bisa melakukan pembayaran tagihan dengan mudah juga. Selain itu, pilihlah kartu kredit yang memberikan fasilitas tempat pembayaran atau cara pembayaran yang bisa memudahkan Anda, seperti melalui ATM, internet, dan ponsel.

4. Perhatikan keamanan kartu kredit

Pilihlah kartu kredit yang memiliki fasilitas foto diri dan tanda tangan yang dicetak pada kartu. Tujuannya adalah agar terhindar dari tindakan kejahatan pada kartu kredit Anda. Selain itu, pilih juga penerbit kartu kredit yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti asuransi perjalanan, asuransi ketidaknyamanan perjalanan, asuransi pembelian barang, dan lain sebagainya. Gunanya agar Anda bisa melakukan antisipasi terhadap berbagai risiko keuangan yang timbul selama pemakaian kartu kredit.

Perlu diingat juga bahwa fungsi kartu kredit adalah untuk memudahkan dalam bertransaksi. Ketika Anda menggunakan kartu kredit dan melakukan transaksi, itu artinya Anda telah meminjam uang pada bank. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan kartu kredit di atas kemampuan finansial Anda. (NR)

 

Comment di sini