CiriCara: Cara Membuat “Ayam Garing Shihlin”

by

Ciricara.com – Gerai Shihlin Taiwan Street Snacks tentunya sudah banyak ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan kota Jakarta. Toko makanan yang memiliki makanan best seller nya adalah XXL Crispy Chicken ini sangat digandrungi masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta.

XXL Crispy Chicken merupakan fillet ayam dalam ukuran jumbo yang dibalur tepung khusus lalu digoreng kering. Kekhasan Crispy Chicken adalah ketika masih dalam keadaan panas, ayam langsung dipotong, lalu ditaburi merica dan cabai bubuk yang sangat banyak. Kemudian disajikan dalam sebuah bungkus kertas. Cara makannya unik yaitu dengan menusuk olahan ayam tersebut dengan tusukan bambu.

Rasanya yang garing, gurih, renyah, dan pedas membuat masyarakat tak lupa dengan rasanya. Meskipun uang yang dikeluarkan cukup banyak, namun ayam garing khas Taiwan ini tetap saja digandrungi oleh banyak orang.

Agar Anda tidak terlalu dalam menogocek saku Anda, Crispy Chicken tetap bisa Anda nikmati dengan membuatnya sendiri di rumah. Berikut bahan-bahan yang harus disediakan dan cara membuatnya:

Ayam Garing Khas Taiwan

Bahan-bahan:

- 1 buah dada ayam (memarkan hingga melebar)

- 1 buah jeruk nipis

- 1 sendok teh merica bubuk

- 1 sendok teh garam

- 1 cangkir air matang

- 100 gram tepung terigu

- 50 gram bread crumps

- 500 ml minyak (untuk menggoreng)

- 1 sendok makan bubuk cabai

- 1 sendok makan bawang putih bubuk

Cara membuatnya:

1. Baluri ayam yang sudah dimemarkan dengan jeruk nipis, garam, dan merica. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.

2. Buat adonan batter (pelumur berbentuk cair) yaitu dengan mencampur air matang dengan 3 sendok makan tepung terigu.

3. Lumuri ayam dengan adonan batter hingga merata.

4. Balut ayam dengan tepung terigu yang sudah dicampur dengan bread crumps hingga merata.

5. Goreng dengan minyak yang panas di atas api kecil hingga ayam berwarna kecoklatan di kedua sisi. (Goreng ayam hingga seluruhnya menyelam ke dalam minyak).

6. Angkat dan potong atau digunting kecil-kecil

7. Taburi bumbu bubuk. (merica dan cabai bubuk).

Setelah semuanya selesai, sajikan selagi hangat. Karena akan lebih terasa nikmat dengan taburan merica dan cabai bubuknya. Anda mau mencobanya? Selamat mencoba.

*Bread crumps adalah sejenis serpihan dari roti kering yang biasanya digunakan untuk membalut makanan sebelum digoreng, misalnya tempura. (NR)


comments powered by Disqus