CiriCara: Cara Menjadi TKI Sukses di Hongkong

by
August 29th, 2012 at 2:54 pm

CiriCara.com – Para TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Hongkong ternyata memiliki gaji perbulannya HK$ 3.780 atau bila dirupiahkan senilai 4,6 juta. Jumlah yang sangat besar bila dibanding dengan gaji pembantu rumah tangga yang ada di Indonesia.

Gaji yang diterima oleh pembantu rumah tangga di Hongkong merupakan gaji utuh mereka. Di sana, para TKI tidak lagi memikirkan biaya tempat tinggal dan biaya makan karena sudah ditanggung oleh majikannya.

Biasanya, bila mereka sudah bekerja selama lebih dari enam bulan, mereka mengirimkan uang ke kampung halamannya untuk membantu kebutuhan ekonomi keluarga, seperti untuk membeli kebutuhan pokok, biaya untuk sekolah, membeli barang elektronik, merenovasi rumah, dan lain sebagainya.

Mengirimkan uang ke kampung halaman yang dilakukan TKI memang harus dilakukan. Namun, sangat disayangkan bila uang yang diperoleh tidak dipergunakan dengan baik. Untuk itu, ada 4 cara yang bisa membuat para TKI sukses mengelola upah yang diterimanya. Simak cara berikut ini:

1. Membuka rekening

Upah yang Anda terima, sebaiknya ditabung  sebagian. Bukalah rekening atas nama pribadi di bank-bank Indonesia yang membuka cabang di Hongkong. Tujuannya adalah agar Anda tetap bisa mengelola uang sendiri. Namun ingat, dengan membuka rekening sendiri, bukan berarti Anda tidak mempercayai keluarga.

2. Membeli aset

Apabila uang di tabungan Anda sudah cukup, pergunakanlah uang itu untuk membeli aset, seperti tanah, sawah, dan hewan ternak. Anda bisa membeli aset tersebut pada saat pulang kampung dan tunjuk satu orang dari keluarga untuk mengelolanya selama Anda berada di Hongkong.

3. Sisihkan seperempat gaji

Dari hasil upah yang diterima, sebagian ditabung dan seperempat sisanya dapat Anda kirim ke kampung halaman untuk biaya kebutuhan hidup. Bila keluarga Anda mengeluh karena hanya diberikan sedikit uang, maka perlu diberi penjelasan mengenai keuangan Anda dan bagaimana cara Anda mengelolanya.

4. Mengikuti kursus 

Sisa dari upah Anda itu, sebaiknya jangan dihambur-hamburkan. Pergunakanlah untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dengan mengikuti berbagai kusrsus yang ada di Hongkong. Kursus yang Anda bisa ikuti, seperti kursus bahasa Inggris, Mandarin, belajar menari, atau Anda bisa mengikuti perkuliahan di universitas terbuka Indonesia yang ada di Hongkong. Apabila masih ada tersisa, Anda bisa pergunakan untuk membeli gadget terbaru, seperti ponsel keluaran terbaru, laptop, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan empat cara di atas, tentunya Anda cukup bijak dalam mengelola keuangan. Hasil jerih payah yang Anda lakukan selama di Hongkong akan terbayar karena mengelola uang dengan cukup baik dan nantinya Anda akan meraih kesuksesan. (NR)

Comment di sini