Hormati Pemain Muslim, FA Ganti Tradisi Sampanye

by
August 29th, 2012 at 10:45 am

London (CiriCara.com) – Kompetisi yang dinaungi oleh Federasi Sepak Bola Inggris (FA) saat ini diikuti oleh sejumlah pemain muslim. Untuk menghormati larangan muslim meminum alkohol, FA akan mengganti Sampanye dengan Waard. Pasalnya Sampanye mengandung alkohol.

Sampanye sebelumnya sering digunakan untuk perayaan kemenangan ataupun pemberian penghargaan usai pertandingan. Beberapa pemain muslim yang pernah menjadi man of the macth selalu menolak hal itu. Karena muslim dilarang minum alkohol.

Seperti yang dilansir Daily Mail, tradisi buka minuman itu akan diubah oleh FA. Setiap pemain muslim akan diberikan sebotol Waard. Minuman ini dinyatakan bebas alkohol dan terbuat dari air mawar dan buah delima, jadi pemain muslim bisa meminumnya.

Sebelumnya beberapa pemain muslim sempat melakukan penolakan membuka Sampanye. Salah satunya Yaya Toure, bintang Manchester City yang menjadi man of the match di Premier League. “Saya tidak minum karena saya seorang muslim, Anda bisa menyimpannya,” ujarnya.

Aksi serupa juga dilakukan oleh striker Newcastle United, Demba Ba. Ia menolak tawaran minum Sampanye dari rekan satu timnya, Jonaz Gutierrez yang terpilih jadi pemain terbaik. Demba Ba adalah pemain muslim yang taat dan sering merayakan gol dengan bersujud syukur.

Setidaknya ada belasan pemain muslim yang berkompetisi di Liga Inggris. Mereka yakni, Demba Ba (Newcastle), Pappis Cisse (Newcastle), Hatem Ben Arfa (Newcastle), Kolo Toure (Manchester City), Edin Dzeko (Manchester City), Samir Nasri (Manchester City), Yaya Toure (Manchester City), Salomon Kalou (Chelsea pindah ke Lille), Ali Al-Habsi (Wigan Athletic), hingga Leon Best (Blackburn Rovers).

Sementara itu, salah satu juru bicara Liga Inggris mengaku mendukung perubahan ini. Menurutnya, langkah ini sangat tepat mengingat banyak pemain dan juga penonton muslim yang mengikuti Liga Inggris.

“Yang menyaksikan Liga Inggris juga dari seluruh dunia. Ini langkah masuk akal dan kami mendukung,” ujar juru bicara yang tidak disebutkan namanya itu.

(YG)

Comment di sini